Odyssee Pleyel itu memanfaatkan ruang bekas di distrik Pleyel Saint-Denis.  (Foto: Luxigon)
Odyssee Pleyel itu memanfaatkan ruang bekas di distrik Pleyel Saint-Denis. (Foto: Luxigon)

Odyssee Pleyel Dirancang Menyesuaikan dengan Perubahan Iklim

Properti Arsitektur Unik
Anggi Tondi Martaon • 12 Juni 2019 17:18
Paris: Perusahaan arsitektur Paris, Jakob + MacFarlane merancang sebuah bangunan berbahan kayu dan kaca. Tak hanya punya rancangan yang apik, bangunan tersebut digadang-gadang bisa memproduksi energi sendiri.
 
Rancangan yang diberi nama Odyssee Pleyel itu memanfaatkan ruang bekas di distrik Pleyel Saint-Denis, gerbang desa Olimpiade Paris 2024. Bangunan tersebut dirancang dapat disesuaikan dengan perubahan iklim.
 
Renovasi bangunan lama tidak dilakukan secara total. Jakob + MacFarlane hanya mengembalikan bentuk aslinya yang yang berusia 85 tahun ke bentuk semula.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, rehabilitasi ruangan dilakukan dengan sistem Energy Plug. Sistem tersebut diklaim dapat disesuaikan dengan konteks urban yang lama. Sistem Energy Plug mengandalkan kayu berteknologi matriks pixelated.
Odyssee Pleyel Dirancang Menyesuaikan dengan Perubahan Iklim
(Foto: Luxigon)
Struktur ini membuat kayu dapat dibongkar, diperbesar, ditarik sesuai kebutuhan. Penggunaan kayu itu pun dikombinasikan dengan kaca yang berfungsi sebagai dinding bangunan.
 
Selain itu, Jakob + MacFarlane menggunakan atap photovoltaic pada rancangannya tersebut. Penggunaan atap tersebut memungkinkan bangunan memproduksi energi terbarukan.
 
Kapasitas produksi energi bangunan Odyssee Pleyel pun besar. Bahkan, diklaim mampu memenuhi stok energi untuk acara besar.
 
Nantinya, Odyssee Pleyel dapat dijadikan sebagai lokasi industri, studio inovasi, pusat wirausaha, restoran, dan rumah kaca tanaman.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif