Stadion baru yang dibangun sebagai pengganti stadion lama. Di bawahnya adalah statsiun kareta api antar kota. dezeen/bates smart
Stadion baru yang dibangun sebagai pengganti stadion lama. Di bawahnya adalah statsiun kareta api antar kota. dezeen/bates smart

Ada Stadion di Atas Stasiun

Properti renovasi gbk transit oriented development
Rizkie Fauzian • 28 September 2018 09:30
Sidney: Sebuah stadion bakal dibangun di atas stasiun di Australia. Stadion sepakbola yang berkapasitas 45 ribu penonton tersebut rencana akan dibangun di Moore Park, Sydney.
 
Desain stadion tersebut dibuat oleh firma arsitektur yang berbasis di Australia, Bates Smart. Rencana membangun stadion baru tersebut setelah pemerintah negara bagian New South Wales segera menghancurkan Sydney Football Stadium.
 
Stadion lama tersebut dirancang oleh Cox Arcitecture dan dibuka pada 1988. Pemerintah setempat saat ini sedang mempertimbangkan rencana pembangunan kembali bangunan stadion di sekitar wilayah Moore Park.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada Stadion di Atas Stasiun
Render gambar rencana pembangunan stasiun antar kota yang akan dibangun di atas lahan kompleks stadion lama. dezeen/bates smart
 
Pembangunan stadion diperkirakan akan menghabiskan dana sekitar Rp 7,5 triliun Dengan membangun stadion di atas stasiun, tentu memberikan keuntungan jaringan transportasi umum.
 
"Kami mengusulkan mengganti stadion lama, dan membangun yang baru di atas stasiun. Hal ini menciptakan manfaat dari aksesibilitas transportasi umum, mengkatalisasi pengembangan rel meter untuk menghubungkan dua kota Surry Hills ke Chippendale," Kata Direktur Bates Smart, Philip Vivian seperti dikutip dari Dezeen.
 
Ada Stadion di Atas Stasiun
Kompleks stadion lama yang akan dirobohkan. dezeen/bates smart
 
Usulan tersebut juga dianggap menjadi alternatif bagi wilayah Moore Park yang tidak memiliki sistem transportasi umum sehingga tidak ada tempat hiburan dan bisnis perhotelan di kawasan tersebut.
 
"Stadion seperti Camden Yards di Baltimore dan Docklands Stadium di Melbourne, adalah jangkar bagi distrik hiburan serta mengenalkan kembali pertunjukan perkotaan ke kota-kota," ujarnya.
 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif