Sebuah townhouse di distrik ├śrestad, Kopenhagen ini dibuat dari bahan daur ulang (Foto:Deezen)
Sebuah townhouse di distrik ├śrestad, Kopenhagen ini dibuat dari bahan daur ulang (Foto:Deezen)

Perumahan di Denmark Dibangun dari Bahan Daur Ulang

Properti Arsitektur Unik
Rizkie Fauzian • 19 April 2019 09:00
Denmark: Sebuah townhouse di distrik Ørestad, Kopenhagen ini dibuat dari bahan daur ulang. Perumahan tersebut dirancang oleh Lendager Group, sebuah firma arsitektur yang berbasis di Denmark.
 
Sebanyak 20 hunian diUpcycle Studio dibangun tak hanya menggunakan beton daur ulang, tapi juga papan dan lantai yang sudah pernah digunakan dalam pembangunan sebelumnya.
 
Semua kayunya bersumber dari Dinesen, sebuah perusahaan kayu yang tak terpakai. Sementara jendela diambil dari bangunan-bangunan tua dan 850 ton beton dari bekas pembangunan Metro Copenhagen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk mengatasi krisis iklim, kita perlu mengembangkan tidak hanya solusi berkelanjutan tetapi regeneratif," kata Lendager Group dikuti Dezeen, Jumat, 19 April 2019.
 
Upcycle Studios menunjukkan bahwa pembangunan dapat dipisahkan dari emisi dengan memandang limbah sebagai sumber daya. "Kita dapat membangun bangunan yang berkelanjutan tanpa harus berkompromi pada kualitas, estetika, atau harga,"jelasnya.
 
Hunian yang dibuat dengan desain serupa yang memanjang. Fasadnya dibungkus dengan kaca besar yang dibingkai kayu geometris. Dinding dibuat dari beton yang sengaja ditampilkan apa adanya.
 
Lantai pertama dirancang sebagai mezzanine kecil, sementara ruang kamar tidur di lantai dua dibentuk bergerigi berlapis kayu yang kontras. Masing-masing hunian dilengkapi garasi.
 
"Rumah-rumah dirancang untuk menjadi luas dan membantu mempromosikan kehidupan yang berkelanjutan, menciptakan iklim dalam ruangan yang baik dan membuat berbagi lebih mudah," kata studio arsitektur.
 
Beberapa area dapat digunakan sebagai kantor dan yang lainnya sebagai akomodasi sewaan, atau untuk bengkel dan kebutuhan lain. Atap dibuat sebagai taman dan panel surya sebagai untuk membantu penghuni lebih mandiri.
 
"Studio Upcycle berpotensi mengurangi emisi sekitar 60 persen dalam 50 tahun ke depan. Ini tidak hanya menjadikannya rumah masa depan tapi juga menjadi proyek perumahan perintis dengan desain yang memberi insentif pada kehidupan yang berkelanjutan," jelasnya.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif