Pekerjaan pembangunannya diperkirakan memakan biaya hingga USD 40 juta. AFP Photo/Joseph Eid
Pekerjaan pembangunannya diperkirakan memakan biaya hingga USD 40 juta. AFP Photo/Joseph Eid

Zaha Hadid 'Bangkitkan' Puing-puing Perang Lebanon

Properti konflik lebanon revitalisasi pasar
Rizkie Fauzian • 08 Februari 2019 12:18
Beirut: Beirut Souks merupakan distrik komersil yang terletak di jantung kota Beirut, Lebanon. Pertokoan, restoran, museum hingga departement store memenuhi kawasan yang menjadi pusat bisnis tersebut.
 
Namun, selama berlangsungnya perang Lebanon pada 1975-1990 kota ini mengalami kerusakan parah. Banyak gedung-gedung yang hancur selama masa perang, bahkan gedung dari masa kekaisaran Ottoman dan penjajahan Perancis satu abad lalu sudah tak tampak lagi.
 
Pembangunan kawasan Beirut Souks diharapkan bisa membangkitkan kembali kota yang dahulu pernah hancur. Kota tersebut kini disulap menjadi pusat bisnis, salah satunya bakal berdiri pusat perbelanjaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?




AFP Photo/Joseph Eid
 

Bukan sembarang bangunan, pusat perbelanjaan tersebut sebuah mahakarya yang menakjubkan yang dirancang oleh Zaha Hadid sebelum tutup usia pada 2016 silam. Setiap rancangan arsitek wanita kelahiran Iraq yang ini memang tidak pernah biasa-biasa saja, elegan dan futuristik jadi cirinya.
 
Fasad bangunan berbentuk unik, seperti meliuk. Bagian depan dihias kaca yang diberi cangkang sehingga membentuk pola mirip jajar genjang yang ukurannya dibuat berbeda-beda.
 
Sebagaiman ditulis AFP pusat perbelanjaan seluas 26 ribu meter persegi, pusat perbelanjaan tersebut mencakup lima lantai. Terdiri dari apartemen, ritel, dan juga restoran. Pembangunannya diperkirakan memakan biaya hingga USD 40 juta.
 

 

 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi