Desain toilet umum yang dirancang pemenang Pritzker Toyo Ito. Foto: Toyo Ito
Desain toilet umum yang dirancang pemenang Pritzker Toyo Ito. Foto: Toyo Ito

Unik, Toilet ini Dirancang Menyerupai Jamur

Properti Bangunan unik desain interior Arsitektur Unik
Rizkie Fauzian • 22 Juli 2021 12:45
Tokyo: Pemenang penghargaan arsitektur Pritzker Toyo Ito merancang sebuah toilet umum di Tokyo, Jepang. Uniknya, bangunan toilet tersebut berbentuk jamur.
 
Toilet khas Ito dibangun untuk menggantikan toilet sebelumnya yang berada di bagian bawah tangga yang mengarah ke kuil Yoyogi Hachimangu di distrik Shibuya Tokyo.
 
Rancangan toilet tersebut menjadi tiga blok silinder yang di atasnya terdapat atap berbentuk kubah yang menyerupai bentuk jamur yang tumbuh di hutan yang mengelilingi kuil.
Unik, Toilet ini Dirancang Menyerupai Jamur
Desain toilet umum yang dirancang pemenang Pritzker Toyo Ito. Foto: Toyo Ito

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ito membangun fasilitas umum tersebut dengan konsep tenang dan ramah sehingga mendorong orang untuk menggunakan toilet umum.
 
"Saya tidak ingin menggunakan toilet umum bahkan sebagai laki-laki. Oleh karena itu, kali ini saya ingin mencoba desain kasual yang bisa digunakan dengan tenang," katanya dikutip Dezeen, Kamis, 22 Juli 2021.
 
Toilet ini terdiri dari tiga bilik dengan ukuran berbeda, paling besar berada di bagian belakang. Sementara dua bilik lagi terpisah, satu untuk pria dan satunya untuk wanita. 
 
Ketiga toilet menggunakan dinding dan lantai dengan warna merah, merah muda dan putih. Di bagian atap desainnya dinaikkan untuk memberikan celah pada cahaya dan udara masuk ke toilet.
 
Menurut Ito, dengan memecah toilet menjadi tiga, dirinya meyakini jika toilet ini akan menjadi ruang yang aman bagi semua pengguna.
 
"Saya berharap toilet Umum Yoyogi-Hachiman yang dipasang kali ini akan menjadi toilet yang memberikan rasa aman bagi wanita yang dapat digunakan bahkan di malam hari. Toilet yang memiliki desain tidak mencolok dan dapat digunakan dengan santai," jelasnya.

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif