Rumah Komunitas Chieng Yen dirancang Hoang Thuc Hao.  (Foto: Do Minh Duc)
Rumah Komunitas Chieng Yen dirancang Hoang Thuc Hao. (Foto: Do Minh Duc)

Rumah Komunitas Chieng Yen Terinspirasi Hiasan Kepala Etnik

Properti Arsitektur Unik
Anggi Tondi Martaon • 14 Maret 2019 20:44
Hanoi: Vietnam memiliki bangunan unik bernama Rumah Komunitas Chieng Yen. Bangunan yang ditutupi oleh atap jerami itu menjadi daya tarik wisata terbaru di Vietnam.
 
Rumah Komunitas Chieng Yen dirancang Hoang Thuc Hao, arsitek dari 1 + 1> 2 Architects. Rumah Komunitas Chieng Yen didesain sebagai tempat berkumpul dan atraksi wisata lokal bagi komune Distrik Van Ho di Provinsi Son La.
 
Rumah Komunitas Chieng Yen Terinspirasi Hiasan Kepala Etnik
(Foto: Do Minh Duc)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Inspirasi desain unik atap bangunan terinspirasi dari hiasan kepala etnik yang dikenakan oleh penduduk lokal. Desain itu kemudian dikombinasikan dengan penggunaan bahan alami dan metode konstruksi lokal.
 
"Rumah itu tampaknya merupakan titik fokus yang aneh dan akrab, yang merupakan hasil dari studi panjang kearifan vernakular berdasarkan sumber daya lokal yaitu ekonomi, budaya, dan tenaga kerja lokal," kata sang arsitek, Hoang Thuc Hao, dikutip Dezeen.
 
Rumah Komunitas Chieng Yen Terinspirasi Hiasan Kepala Etnik
(Foto: Do Minh Duc)
 
Secara umum, Hao memanfaatkan bahan dan tenaga kerja lokal dalam pembangunan Rumah Komunitas Chieng Yen. Masyarakat sekitar dipekerjakan untuk membuat bata yang berfungsi sebagai dinding bangunan.
 
Tenaga kerja lokal dipekerjakan untuk membangun dinding blok tanah, sehingga membantu menekan biaya proyek. Batu bata bersandar pada fondasi beton.
 
Rumah Komunitas Chieng Yen Terinspirasi Hiasan Kepala Etnik
(Foto: Do Minh Duc)
 
Dinding bata membungkus ruang terbuka untuk kegiatan berbasis kerajinan yang diapit di satu sisi oleh ruang baca dan dapur, dengan kantor dan toilet di sisi lain.
 
Sementara, dua atap jerami didesain untuk melindungi bagian dalam bangunan dari sinar matahari. Atap yang menghadap ke barat memberikan keteduhan dari teriknya sinar matahari sore.
 
Selain bangunan yang unik, Rumah Komunitas Chieng Yen dikelilingi hutan tua lebat. Keberadaan gunung dan air terjun di sekitarnya membuat pemandangan kian memesona.

 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif