Risha atau Rumah Instan Sederhana Sehat. Foto: dok. Kementerian PUPR
Risha atau Rumah Instan Sederhana Sehat. Foto: dok. Kementerian PUPR

Yuk, Mengenal Risha, Rika, dan Ruspin

Properti gempa bumi bangunan ambruk konstruksi
Rizkie Fauzian • 29 Oktober 2019 17:02
Jakarta: Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi gempa besar yang melanda wilayah Indonesia seperti Lombok, Nusa Tenggara Barat, serta Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.
 
Terbaru, bencana gempa bumi menggunjang wilayah Ambon pada September 2019. Gempa tersebut merusak belasan ribu rumah dan bangunan lainnya.
 
Bencana gempa bumi tidak hanya menimbulkan korban jiwa tetapi juga menyebabkan sejumlah kerusakan. Struktur bangunan ataupun rumah yang kuat bisa meminimalisir terjadinya kerusakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Indonesia memiliki beberapa rumah yang dipercaya mampu menahan gempa. Dilansir dari infografis yang diunggah dalam akun resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ada tujuh rumah tahan gempa. Di antaranya, Risha, Rika, dan Ruspin.

1. Risha

<i>Yuk</i>, Mengenal Risha, Rika, dan Ruspin
Foto: dok. Kementerian PUPR
Risha atau Rumah Instan Sederhana Sehat dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bagi korban bencana seperti gempa. Tentu saja rumahnya dibangun dengan konsep tahan gempa.
 
Rumah tersebut dibangun dengan konsep bongkar pasang di mana proses pembangunannya tidak membutuhkan semen dan bata, melainkan dengan menggabungkan panel-panel beton dengan baut.
 
Kompenennya dibuat secara pabrikasi dengan kostruksi penyusun rumah berdasarkan ukuran modular. Karenanya, rumah instan tersebut bisa diselesaikan dengan waktu jauh lebih cepat.

2. Rika

<i>Yuk</i>, Mengenal Risha, Rika, dan Ruspin
Foto: dok. Kementerian PUPR
Sementara Rika (Rumah Instan Kayu) dibuat menggunakan kayu rekayasa sebagai pembentuk konstruksinya. Dengan memanfaatkan teknologi Laminated Veneer Lumber (LVL), maka kayu kelas rendah cepat tumbuh (sengon/karet/akasia mangium) dapat digunakan sebagai sistem struktur rumah instan kayu dengan kekuatan setara dengan kayu kelas 3.

3. Ruspin

<i>Yuk</i>, Mengenal Risha, Rika, dan Ruspin
Foto: dok. Kementerian PUPR
Ruspin (Rumah Unggul Sistem Panel) dibangun menggunakan sistem bongkar pasang dengan teknologi rangka rumah pracetak dengan menggunakan sistem sambungan dengan baut.
 
Ruspin merupakan pengembangan teknologi Risha. Teknologi ini cocok diterapkan hampir di seluruh wilayah Indonesia khususnya daerah rawan gempa.
 
Keunggulan Ruspin dari tampilan luar baut dan pelat sambungan diminimalisir, jumlah penggunaan panel kolom pada pertemuan ruang berkurang dan menghasilkan ruang lebih luas.
 
Jumlah sambungan antar komponen berkurang sehingga dapat menambah kecepatan pemasangan, penghematan biaya hingga 10 persen dibandingkan dengan Risha.
 
Rumah instan Risha, Ruspin dan Rika dikembangkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR). Selain ketiga rumah tersebut, ada empat rumah tahan gempa rekomendasi BNPB lainnya.

4. Growing House, Yogyakarta

<i>Yuk</i>, Mengenal Risha, Rika, dan Ruspin
Foto: Twitter BNPB
Rumah yang satu ini didesain oleh mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). Growing House dirancang dengan tingkat keamanan yang baik dan memikirkan dampak lingkungan.

5. Rumah Dome, Yogyakarta

<i>Yuk</i>, Mengenal Risha, Rika, dan Ruspin
Foto: Youtube
Gempa bumi yang terjadi di Yogyakarta pada 2006 membuat Prof. Nizam, M.Sc, Ph.D. mendesain rumah tahan gempa. Rumah tersebut memiliki tampilan mirip dome atau kubah.
 
Rumah Dome berada di Dusun Nglepen, Prambanan, Kabupaten Sleman. Desain bangunan Rumah Dome dibuat tanpa pondasi sehingga memungkinkan bangunan mampu menahan gempa.
 
Rancangan rumah tersebut memiliki elemen dinding dan bagian atap yang menyatu. Bentuknya yang unik membuat penduduk setempat menyebutkan sebagai rumah teletubbies.

6. Barrataga, Yogyakarta

Bangunan Rumah Rakyat Tahan Gempa atau Barrataga oleh Pakar Rekayasa Kegempaan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Prof. Ir. Sarwidi.
 
Desain Barrataga yang paling penting adalah penguatan besi tulangan bangunan yang saling mengait sehingga tahan akan guncangan gempa.

7. Rumah Conwood

<i>Yuk</i>, Mengenal Risha, Rika, dan Ruspin
Foto: conwood.co.id
Desain konstruksinya berhubungan erat dengan materialnya. Panel ini terbuat dari semen dan serat sehingga lebih lentur terhadap guncangan.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif