Hawa Mahal memiliki tampilan yang sangat memukau. Foto: Shutterstock
Hawa Mahal memiliki tampilan yang sangat memukau. Foto: Shutterstock

5 Bangunan Paling Memukau di India

Properti bangunan unik desain interior bangunan sejarah Arsitektur Unik
Rizkie Fauzian • 11 Maret 2020 17:29
India: Salah satu bangunan di India yang paling terkenal adalah Taj Mahal. Padahal masih banyak bangunan mewah lainnya yang ada di negara dengan jumlah penduduk terbanyak kedua tersebut.
 
Tak hanya memukau, beberapa bangunan mewah ini juga memiliki sejarah dan keajaiban futuristik yang mencerminkan India. Berikut ini lima bangunan terkenal di India, dilansir CNN.
 
1. The Lake Palace
5 Bangunan Paling Memukau di India
Foto: Shutterstock

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bangunan yang berada di Udaipur, Rajastan ini merupakan hotel yang paling mewah di India. Lake Palace dibangun pada 1746 di tengah-tengah sebuah danau yang bernama Pichola Udaipur.
 
Bangunan marmer putih tersebut memiliki latar pegunungan Aravalli. Uniknya, karena berada di atas danau, hotel tersebut terlihat seperti mengambang.
 
Hotel ini awalnya dibangun sebagai istana khusus bagi Maharana Jagat Singh II. Di istana tersebut dia tinggal bersama keturunannya hingga kematiannya pada 1950.
 
Setelah raja meninggal, kediamannya diubah menjadi hotel. Istana ini juga pernah digunakan sebagai lokasi syuting film James Bond yang berjudul Octopussy pada 1983.
 
2. Taj Mahal Palace Hotel
5 Bangunan Paling Memukau di India
Foto: Indranil Mukherjee/AFP
 
Hotel mewah yang satu ini menjadi lokasi utama dalam film box office, Hotel Mumbai. Film tersebut diadaptasi dari kisah nyata yang menceritakan serangan teroris di India pada 2008 silam.
 
Hotel yang dibangun pada 1903 ini menjadi salah satu bangunan paling ikonik di Mumbai. Sebelum menjadi hotel, bangunan ini pernah menjadi rumah sakit selama Perang Dunia I.
 
Proyek ini dimulai oleh dua arsitek India dan diselesaikan oleh seorang insinyur Inggris. Sehingga tak heran jika gaya bangunan condong ke arah Eropa dan Islam.
 
Banyak desain menonjol pada hotel ini, termasuk kubah 'bawang' dan runcing pada menara yang kental akan arsitektur Islam abad ke-16.
 
Hotel ini banyak dipilih oleh selebriti maupun politisi, dari The Beatles hingga Barack Obama. Hotel ini juga memiliki menara tambahan yang selesai dibangun pada 1973.
 
3. Rashtrapati Bhavan
5 Bangunan Paling Memukau di India
Foto: Shutterstock
 
Rashtrapati Bhavan yang berada di New Delhi adalah kediaman resmi presiden India. Bangunan berbentuk H tersebut dibangun dan dirancang pada 1929 pada masa pemerintahan Inggris.
 
Ketika itu, bangunan tersebut dikenal sebagai Viceroy's House. Namun, setelah India merdeka pada 1947, namanya diubah menjadi Government House.
 
Desain yang paling menonjol dari Rashtrapati Bhavan adalah kubah tinggi di pusatnya. Bangunan itu hampir seluruhnya terbuat dari batu, dengan sedikit baja pada konstruksinya.
 
Desainnya memadukan arsitektur Hellenic dan India. Bangunan ini
memiliki banyak 340 kamar. Sementara panjang setiap koridor hampir 2,5 km.
 
4. Hawa Mahal
5 Bangunan Paling Memukau di India
Foto: Shutterstock
 
Hawa Mahal memiliki tampilan yang sangat memukau dengan fasad yang terbuat dari batu pasir merah dan merah muda. Istana ini berada di Jaipur, Rajasthan.
 
Hawa Mahal berarti "Istana Angin,". Bangunan yang dibangun pada 1799 ini memiliki sirkulasi angin alami yang dihasilkan dari 950 jendela berbentuk sarang lebah.
 
Hal ini tentu saja menjaga suhu istana agar tetap dingin saat musim panas. Bahkan tanpa membutuhkan bantuan pendingin ruangan.
 
Jendela-jendela yang memiliki ukiran rumit tersebut memungkinkan penghuni istana untuk melihat ke jalan tanpa terlihat oleh publik.
 
Uniknya lagi, Hawa Mahal dibangun tanpa fondasi, namun tetap tegak berkat bentuknya yang melengkung. Bentuk ini dimaksudkan untuk meniru mahkota dewa Hindu, Krishna.
 
5. Golden Temple (Harmandir Sahib)
5 Bangunan Paling Memukau di India
Foto: Narinder Nanu/AFP
 
Golden Temple adalah gurdwara tersuci di dunia (tempat ibadah Sikh) dan salah satu bangunan paling berharga di India. Bangunan tersebut berada di Amritsar, Punjab.
 
Dibangun pada 1600-an, bangunan kuil berwarna putih dan emas tersebut tampak mempesona berdiri di tepi Amrit Sarovar buatan manusia.
 
Pengunjung dapat mencapai tempat suci melalui jalan sempit, yang disebut Jembatan Guru, yang melintasi air. Bangunan ini tidak terlalu besar hanya berisi tiga lantai.
 
Meskipun bangunan tersebut adalah situs suci Sikh, namun desainnya dianggap sebagai harmoni indah antara arsitektur Islam dan Hindu.
 
Kuil telah mengalami perubahan besar selama berabad-abad. Struktur emas atau di bagian luar baru ada atau ditambahkan sampai 1830.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif