Menara Salesforce yang berada di San Francisco, California.  (Foto: Jason O'Rear)
Menara Salesforce yang berada di San Francisco, California. (Foto: Jason O'Rear)

Salesforce, Menara Terbaik di Dunia yang Kontroversial

Properti pencakar langit
Rizkie Fauzian • 15 April 2019 16:25
San Francisco: Menara Salesforce yang berada di San Francisco, California, didapuk sebagai bangunan pencakar langit terbaik di dunia.
 
Menara setinggi 326 meter karya Pelli Clarke Pelli Architects tersebut diganjar penghargaan "Best Tall Building Worldwide" pada ajang Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) Annual Awards 2019.
 
Salesforce merupakan markas dari perusahaan yang fokus pada perangkat lunak berbentuk layanan. Tak hanya ruang perkantoran, menara setinggi 61 lantai tersebut juga terhubung dengan sarana tranportasi dan taman seluas 5,4 hektare di atap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu juri Karl Fender mengatakan Salesforce bukan hanya menara tinggi, tetapi juga bangunan yang fokus terhadap kesehatan penghuninya. Selain itu, menara ini juga memperhatikan keberlanjutan dan keberlangsungan habitat di sekitarnya.
 
"Gedung ini fokus pada kesehatan penghuni, keberlanjutan, efisiensi struktural, dan tingkat integrasi yang signifikan dengan habitat perkotaan di sekitarnya. Menara ini dideskripsikan sebagai ‘bangunan yang tahu balas budi’," kata Fender, dikutip Dezeen.
 
Selain semua manfaatnya, Salesforce tak lepas dari kontroversi. Menara yang rampung dibangun pada 2018 tersebut menuai kritik seputar konstruksi dan luasnya. Juga ditemukan retakan di jendela pada awal tahun ini.
 
Salesforce termasuk satu di antara 65 proyek bangunan yang dinilai tahun ini, mewakili 20 negara dan 33 kota di seluruh dunia. Beberapa kategori termasuk gedung perkantoran tinggi terbaik, gedung hunian tinggi, hotel terbaik, dan gedung serbaguna terbaik.
 
Selain Salesforce, 277 Fifth Avenue yang dirancang Rafael Viñoly di New York City juga didapuk jadi bangunan perumahan atau hotel terbaik, Kampung Admiralty di Singapura karya WOHA mendapat penghargaan sebagai proyek serbaguna terbaik.
 
Kampung Admiralty juga diakui dalam kategori habitat perkotaan, bersama dengan Central Park di Sydney. Pinnacle @ Duxton di Singapura yang dirancang Arc Studio mendapatkan penghargaan CTBUH's 10 Year Award.
 
Lima kategori lainnya, yaitu Menara Azrieli Sarona di Tel Aviv oleh Moshe Tzur Architects and Town Planner, hotel Morpheus di Macau oleh ZHA, Menara Britam Nairobi oleh Chris Kroese, dan 181 Fremont San Francisco yang dirancang Heller Manus Architects.

 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif