Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto. Medcom.id
Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto. Medcom.id

PAN dan PDI Perjuangan Banyak Berkoalisi di Pilkada 2020

Pilkada partai pan pilkada serentak
Nur Azizah • 14 Agustus 2020 12:44
Jakarta: Partai Amanat Nasional (PAN) banyak berkoalisi dengan PDI Perjuangan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Terutama di wilayah Jawa Tengah.
 
"Banyak dengan PDI Perjuangan. Banyak sekali, terutama Jawa Tengah," kata Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Jumat, 14 Agustus 2020.
 
Salah satu koalisi PAN dan PDI Perjuangan di Jawa Tengah ialah Pilkada Wonogiri. Ini koalisi pertama kali PAN dan PDI Perjuangan di kota tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain di Jawa Tengah, PAN juga berkoalisi dengan PDI Perjuangan di Kota Solo, Jawa Tengah. Yandri Susanto menyebut Gibran Rakabuming Raka layak dicalonkan menjadi Wali Kota Solo.
 
Namun, dia membantah koalisi mendukung anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini bakal transaksional dengan koalisi di pemerintah pusat. Dia menyebut hanya tokoh yang dinilai layak diberi rekomendasi oleh PAN.
 
"Kita sampaikan ke Bang Zulkifli Hasan kalau waktu itu Pak Jokowi tidak mencalonkan Gibran, saya sendiri akan mendatangi Gibran untuk nyalon. Artinya, memang Gibran layak untuk dicalonkan," ujar Yandri.
 
Baca: PAN Resmi Dukung Gibran-Teguh di Pilkada Solo
 
Pasangan Gibran-Teguh diprediksi bisa mendulang suara hingga 80 persen. Sebelumnya, Gibran menemui Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di rumah dinas wakil ketua MPR, Kawasan Senayan, Jakarta terkait Pilkada Serentak 2020.
 
Zulkifli menilai Gibran salah satu contoh pemimpin muda yang ingin mengabdi di tempat kelahiran. Dia menilai Gibran matang dalam berpolitik.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif