Ridwan Kamil Programkan Pemekaran Daerah
Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil swafoto bersama warga Majalaya, Kabupaten Bandung, Rabu 28 Maret 2018.
Bandung:Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana akan melakukan pemekaran di tingkat kabupaten/kota di Jawa Barat. Bahkan 12 daerah telah menjadi target pemekaran jika Emil terpilih menjadi gubernur Jabar periode 2018-2023.

"Pada dasarnya pasangan Rindu (Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum) ini mendapati bahwa perjuangan politik pemekaran di level kedua ini sangat krusial dan penting," kata Emil saat ditemui di Rancaekek, Kabupaten Bandung, Rabu 28 Maret 2018.


Emil mengatakan pemekaran di Jabar sudah menjadi hal yang sangat penting dan mendesak. Pasalnya saat ini jumlah penduduk di Jabar mencapai 46 juta yang tersebar di 27 kabupaten/kota.

(Baca) Mendagri: Pemekaran 314 Daerah Ditunda

Hal itu diakui Emil mempengaruhi sistem perekonomian yang ada di Jabar. Pasalnya, lanjut Emil, anggaran yang turun dari pemerintah pusat berkaca pada banyaknya jumlah daerah di satu provinsi.

Emil pun berkaca kepada Jawa Timur dengan jumlah penduduk mencapai 40 juta jiwa yang tersebar di 38 kabupaten/kota.

Baca: Mendagri akan Setop Wilayah Pemekaran 5 Tahun ke Depan

"Jawa Timur penduduk 40 juta dari 38 kabupaten/kota. Maka di sana (Jawa Timur) lebih sejahtera dibandingkan di Jawa Barat. Karena uang dari pusat berbanding lurusnya dengan jumlah daerah, bukan dengan jumlah penduduk," sambung Emil.

Emil juga memerinci 12 daerah yang menjadi program prioritas pemekaran, di antaranya Bogor Timur, Bogor Selatan, Sukabumi Selatan, Cianjur Selatan, Garut, Tasik, Cirebon, dan Bandung Timur.

"Kabupaten Bandung sudah 4 juta jiwa warganya. Kabupaten Bogor sudah 6 juta. Kasihan rakyatnya kalau dengan pola sentralisasi seperti ini," ujar Emil.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id