Khofifah-Emil Kuasai Seluruh Kecamatan di Jember

Kusbandono 29 Juni 2018 10:50 WIB
pilgub jatim 2018
Khofifah-Emil Kuasai Seluruh Kecamatan di Jember
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut satu Khofifah Indar Parawansa (kiri) dan Emil Dardak (kanan) mengikuti debat publik I Pilgub Jatim di Gedung Dyandra Convetion Center, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (10/4/2018). Foto: Antara/Zabur Kar
Jember:Pasangan Khofiffah Indar Parawansa dan Emil Dardak kuasai seluruh kecamatan di wilayah kabupaten Jember. Hal itu berdasarkan data yang masuk di sistem perhitungan (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember.

Anggota KPU Jember Divisi Sumber Daya Masyarakat (SDM) dan Partisipasi Masyarakat Ahmad Hanafi mengatakan, untuk update real time bisa dilihat di Situng KPU dan data semua sudah terupload semua melalui C1 yang dikirimkan oleh PPK ke KPU.


"Dari data sementara yang telah di update KPU Jember perolehan suara Khofiffah-Emil memperoleh 528.824 suara atau 57.91 %. Sedangkan Saiffullah-Puti mendapatkan 384.297 atau 42.09 %." Kata Hanafi kepada Medcom.id Jumat, 29 Juni 2018.

Menurut Hanafi, berdasarkan data yang masuk di Situng KPU Jember pasangan Khofifah-Emil unggul di seluruh kecamatan yang ada di wilayah Jember.

"Paslon nomor urut satu unggul atas paslon nomor urut di seluruh kecamatan. Tertinggi di kecamatan Mumbulsari dengan keunggulan 64.9 %, sedangkan terendah di kecamatan Jelbuk dengan keunggulan 51 %." Tutur Hanafi.

Baca: Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Puti Kompak Tunggu Real Count dari KPU

Hanafi juga menjelaskan, data tersebut merupakan real time data di 4.228 TPS dari 4427 TPS atau telah masuk sekitar 95.50 % yang ada di Kabupaten Jember.

"Untuk tingkat partisipasi masyarakat sampai saat ini sudah mencapai 53.78 % dan diketahui pula suara tidak sah mencapai 21.264 atau mencapai 2%." Jelas Hanafi.

Hanafi menambahkan, jadi data real timenya bisa dilihat di Situng KPU maka data dari C1 yang masuk akan terupload disana dan dapat dilihat situs resmi KPU. "Masyarakat dapat melihat hasil Pilgub di situng KPU dengan mengakses www.infopemilu.kpu.go.id." Tambah Hanafi.

Lebih lanjut Hanafi mengatakan, proses penghitungan secara manual dijadwalkan untuk tingkat PPK mulai tanggal 28 Juni sampai dengan 4 Juli 2018. "Untuk perhitungan secara manual dari tingkat KPU Kabupaten mulai tanggal 4 sampai 6 Juli 2018." terang Hanafi.





(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id