Khofifah Ingin Jadikan Jatim Nomor Satu di Indonesia
Khofifah Indar Parawansa. Foto: Medcom.id/Aditya Mahatva Yodha
Surabaya:Calon Gubernur Jawa Timur nomor 1, Khofifah Indar Parawansa, menyatakan ingin menjadikan Jatim nomor satu di Indonesia. Mengingat kontribusi ekonomi Jatim terhadap nasional sangat besar.

"Karena itu mari kita wujudkan Jatim jadi nomor satu di Indonesia," kata Khofifah, dalam paparannya dalam tema ekonomi pada debat kedua Pilgub Jatim, Selasa, 8 Mei 2018.


Khofifah mengatakan bahwa kontribusi Jatim, terutama di bidang ekonomi dan pertanian, di nasional sangat besar. Misalnya gula, garam, jagung, dan lain-lain. 

Baca: Khofifah Ingin Kikis Ketimpangan Ekonomi

Tak hanya ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jatim juga harus jadi perhatian. Caranya, pembangunan tak terpusat. Tapi harus merata seperti kawasan selatan dan kepulauan di Jatim. "Karena itu harus ditingkatkan secara merata, dengan kerja bersama," ujarnya.

Sementara itu, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul memaparkan prestasi Jatim di 2 periode terakhir saat dirinya menjadi wagub. Dia menyebut soal kenaikan pendapatan per kapita, angka kemiskinan bisa ditekan meski saat ini masih 11,2 persen. Angka pengangguran juga turun.

"Itu prestasi Jatim. Nah agenda prioritas kita kedepan adalah pembelaan terhadap UMKM, menumbuhkan pusat ekonomi baru, dan penciptaan daya dukung lingkungan," kata Gus Ipul.



Debat kali ini mengusung tema 'Ekonomi dan Pembangunan'. Tema itu disusun oleh empat orang panelis yakni, Rektor Universitas Jember Muhammad Hasan, Guru Besar Universitas Brawijaya Nuhfil Hanani, Sekertaris Dewan Pakar ICMI Malang Arif Hoetoro, dan Wakil Dekan Fakuktas Hukum Unair Surabaya Nurul Barizah.



(YDH)