Plh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Plh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Paslon Diminta Amalkan Nilai Pancasila Sepanjang Pilkada

Pilkada kpu kesaktian pancasila pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Kautsar Widya Prabowo • 01 Oktober 2020 11:54
Jakarta: Pelaksana harian (Plh) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra meminta peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 ikut memaknai Hari Kesaktian Pancasila. Pasangan calon (paslon) harus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap tahapan pesta demokrasi.
 
"Misalnya, berpedoman kepada nilai-nilai Pancasila dalam kampanye kontestasi Pilkada 2020," ujar Ilham kepada Medcom.id, Kamis, 1 Oktober 2020.
 
Tahapan kampanye merupakan saat yang tepat untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Salah satunya menerapkan sila kedua Pancasila, kemanusian yang adil dan beradab.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nilai tersebut diamalkan dengan saling menghormati dan menoleransi perbedaan dengan paslon lain. Pesta demokrasi tetap harus memegang nilai manusia yang beradab.
 
Baca: BPIP Dorong Aktualisasi Pancasila Lewat Kebijakan Publik
 
Setiap warga negara Indonesia tak boleh melepaskan nilai Pancasila dari kehidupan. KPU pun terus berusaha mengamalkan nilai Pancasila dalam setiap kegiatan.
 
"Tetap memedomani nilai-nilai yang ada dalam pancasila sesuai dengan konteks pekerjaaan KPU," jelasnya.
 
Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober 2020. Peringatan gugurnya enam jenderal dan satu perwira dalam gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) ini menjadi momentum mengingatkan pentingnya Pancasila dalam berkehidupan.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif