Godaan itu pula yang mengusik terkait dengan fenomena anak-anak SCBD alias Sudirman-Citayam-Bojong Gede-Depok yang menghebohkan akhir-akhir ini. Fenomena yang mana anak-anak dari daerah penyangga 'menginvasi' pusat Ibu Kota dengan dandanan dan perilaku khas mereka. Dandanan yang sampai-sampai memunculkan tren fesyen anyar, tren Citayam Fashion Week.
Ada tiga tokoh utama dalam fenomena itu. Ada Jeje, Roy, dan Bonge. Mereka tiba-tiba menjelma sebagai bintang. Saking terkenalnya kreasi mereka, saking tenarnya Citayam Fashion Week, media Jepang, Tokyo Fashion, memberikan perhatian. Tak ketinggalan, tentu saja, para politikus ikut tebar pesona di sana.
Sepak terjang Jeje dan kawan-kawan ada baiknya. Mereka kreatif. Mereka punya daya pikat. Berkat mereka, omzet UMKM di bidang busana murah dikabarkan naik berlipat.
Mereka begitu menggoda untuk diangkat sebagai duta. Di situlah kurang tepatnya. Karena gemar nongkrong, Jeje disebut-sebut didapuk sebagai duta nongkrong. Pemilik nama asli Jasmine Laticia itu diharapkan bisa memberikan contoh bagaimana nongkrong yang baik. Sebegitu pentingkah nongkrong sehingga butuh duta? Negeri ini memang lucu.
Jeje, Roy, dan Bonge juga didaulat sebagai
duta sampah. Pemprov DKI Jakarta berharap mereka bisa memberikan contoh bagaimana menjaga kebersihan di ruang publik. Sudah sebegitu berprestasikah mereka hingga dijadikan duta?
Bolehlah feysen mereka memang keren. Namun, bagaimana dengan gaya hidup? Elokkah ketika di konten mereka merokok? Patutkah model pergaulan antarlawan jenis yang mereka pertontonkan di konten?
Mungkin saya orang kolot, ketinggalan zaman. Namun, merokok dan mengeksploitasi pacaran kiranya bukanlah sesuatu yang mendidik. Tidak berfaedah. Kendati semua itu hanya dalam konten, cuma untuk menarik perhatian. Mereka masih anak-anak, tidak baik jika dicontoh anak-anak.
Untuk menjadi duta tak cukup karena karena tenar, karena viral. Perilaku dan kepribadianlah yang semestinya menjadi modal dan pertimbangan utama.
Kita tak boleh gampangan mengangkat seseorang menjadi duta apa pun, siapa pun dia. Kiranya pengalaman ketika Kang Emil menunjuk Ade Londok sebagai duta kuliner Jawa Barat seusai mempromosikan Odading Mang Oleh bisa jadi pelajaran.