Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

5 Isi CV Curriculum Vitae Surat Lamaran Kerja yang Wajib Ditulis

Medcom • 28 Juni 2022 18:06
Jakarta:  Daftar riwayat hidup merupakan berkas yang wajib dilampirkan saat melamar pekerjaan. Dokumen yang juga disebut curriculum vitae (CV) ini umumnya berisi informasi seputar kehidupan profesional seseorang.
 
Informasi tersebut bukanlah yang bersifat personal, seperti status perkawinan, hobi, silsilah keluarga, dan sebagainya. Mengutip laman Katalogue, berikut adalah lima isi penting yang wajib ditulis dalam Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup.
 
Baca juga: Kenali Seluk Beluk 'Curriculum Vitae' Saat Melamar Kerja

5 Isi CV Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup yang Penting

5 Isi CV Curriculum Vitae Surat Lamaran Kerja yang Wajib Ditulis
Isi Curriculum Vitae. Foto: Pexels.
 

1. Data diri

Data diri merupakan poin utama yang tak boleh terlewatkan. Informasi ini biasanya diletakkan di bagian awal daftar riwayat hidup.
 
Informasi pada bagian ini meliputi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, e-mail, serta kontak yang bisa dihubungi. Bagian ini harus diisi dengan lengkap agar dapat memudahkan perekrut untuk menghubungi pelamar.

2. Riwayat pendidikan

Di bawah bagian data diri, tambahkan informasi mengenai riwayat pendidikan. Tak perlu menulis pendidikan dari sekolah dasar, melainkan cukup cantumkan dua pendidikan terakhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tulis institusi pendidikan tempat menimba ilmu beserta tahun masuk dan lulus. Jika memiliki prestasi selama menempuh pendidikan, silakan tambahkan informasi tersebut agar lebih menarik perhatian perekrut.
 
Baca juga: Apa Itu CV? Pahami Artinya, Struktur, dan Tips agar Dilirik Perekrut

3. Pengalaman kerja

Bila sebelumnya sudah pernah bekerja, maka riwayat kerja juga harus dituliskan. Bagian ini umumnya justru menjadi perhatian utama perekrut dalam menilai karyawan baru.
 
Tulis pengalaman kerja beserta deskripsi pekerjaan yang sebelumnya dilakukan, serta waktu awal bekerja hingga akhir bekerja. Paparkan bagian ini dengan sebenar-benarnya tanpa perlu dilebih-lebihkan.

4. Keterangan lain

Keterangan lain ini bisa diisi informasi mengenai pendidikan nonformal, organisasi yang pernah diikuti, seminar, ataupun kemampuan yang dikuasai. Sebaiknya, cantumkan informasi yang relevan dengan posisi yang dilamar.

5. Keterangan tempat, waktu, tanda tangan

Pada bagian akhir, sebaiknya lengkapi dengan tempat, waktu, dan tanda tangan. Ini untuk membuktikan bahwa daftar riwayat hidup dibuat dengan jujur tanpa paksaan.
 
Itulah lima informasi yang wajib dicantumkan dalam daftar riwayat hidup. Semoga bermanfaat! (Nurisma Rahmatika)
 
Baca juga:  Apa itu ATS dan Tips Cara Membuat CV yang ATS Friendly

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif