Ilustrasi kuliah. Medcom.id
Ilustrasi kuliah. Medcom.id

Alumnus Unair Bagikan Tips Menjadi Lulusan Berkualitas

Pendidikan pendidikan karier tips & trik UNAIR Mahasiswa
Renatha Swasty • 26 April 2022 16:05
Jakarta: Membangun karier usai kuliah mesti dibangun sejak masa perkuliahan. Sebab, masa perkuliahan yang berkulitas bisa menentukan karier ke depan.
 
Alumni Fakultas Ilmu Budaya dan Ilmu Politik Jurusan Sosiologi Universitas Airlangga (Unair) Lisdah Bunga Asih membagikan tips menjadi wisudawan terbaik dan berkualitas.
 
Pertama, mulailah mencatat semua kegiatan selama di perkuliahan. Lisdah menyebut hal itu bermanfaat untuk rekam pengalaman mahasiswa nantinya, misalnya modal saat melakukan wawancara kerja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Misalnya jadi anggota HIMA atau pernah menjadi MC di acara,” kata Lisdah dikutip dari laman unair.ac.id, Selasa, 26 April 2022.
 
Kedua, susun rencana minimal satu tahun ke depan. Selain mencatat, merencanakan tak kalah penting.
 
Lisdah mengaku kerap menulis resolusi diri pada tiap semester. Ketiga, ikuti segala aktivitas untuk meningkatkan nilai diri.
 
“Jangan bosan-bosan untuk mengembangkan diri, jangan mager-mager untuk mengembangkan diri. Karena nanti, semua yang kalian lakukan akan kembali kepada kalian juga,” kata wisudawan terbaik Tahun 2017 itu.
 
Keempat, mengusahakan yang terbaik di setiap kegiatan. “Ketika kalian bisa melakukan usaha yang terbaik, hasilnya akan terbaik juga buat kalian,” ucap dia.
 
Kelima, manfaatkan waktu Sebaik-baiknya. Analisis pemberdayaan masyarakat kementerian desa PDTT itu menekankan kepada seluruh mahasiswa untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin selagi masih di usia muda.
 
“Manfaatkan waktu muda sebaik-baiknya. Perbanyak pengalaman, perbanyak relasi,” ujar dia.
 
Dia juga berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk mengubah pola pikir mengenai prospek kerja. Terpenting, fokus untuk mengembangkan diri untuk saat ini.  
 
“Dan yang paling penting adalah kalian tidak perlu berpikir nanti akan jadi apa, berpikirlah sekarang kalian bisa apa yang nantinya bisa mengembangkan diri kalian,” kata Lisdah.
 
Baca: Mahasiswa Wajib Merapat, Begini Kiat Mempersiapkan Diri untuk Karier Masa Depan
 
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif