Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Calon Mahasiswa Baru Perlu Tahu, Ini 5 Perbedaan Politeknik dan Universitas

Pendidikan Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi Politeknik
Citra Larasati • 08 Mei 2022 15:16
Jakarta:  Menjelang lulus dari SMA, terkadang Sobat Medcom suka bingung, ya, mau melanjutkan kuliah ke mana.  Jangankan menentukan pilihan kampus, sering kali memilih antara politeknik, universitas, institut, dan sekolah kedinasan saja kadang suka membingungkan.
 
Kadang karena begitu banyaknya jadi sering terbalik-balik atau menganggap semuanya sama saja. Padahal masing-masing memiliki perbedaan lho.
 
Nah, biar kamu enggak bingung lagi, sekarang kita bahas, yuk, mengenai lima perbedaan politeknik dan universitas. Berikut penjelasannya yang dikutip dari artikel Zenius:

5 Perbedaan Politeknik dan Universitas

1. Tujuan Pendidikan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), politeknik adalah hal-hal yang bersangkutan dengan pengajaran keterampilan dan ilmu-ilmu terapan. Berbeda dengan politeknik, universitas adalah perguruan tinggi yang terdiri atas sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan ilmiah dan/atau profesional dalam sejumlah disiplin ilmu tertentu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Calon Mahasiswa Baru Perlu Tahu, Ini 5 Perbedaan Politeknik dan Universitas
Ilustrasi magang vokasi di salah satu perusahaan jam di Thailand. Foto: BKHM
 
Berdasarkan definisi tersebut, terlihat bahwa politeknik dan universitas memiliki tujuan pendidikan yang berbeda. Sebagai sekolah keterampilan, politeknik memiliki tujuan menjadikan mahasiswa sebagai seorang ahli dalam bidang yang dibutuhkan di lapangan pekerjaan.
 
Makanya, kamu akan banyak melakukan kegiatan praktikum di politeknik.  Sementara itu, universitas memiliki tujuan pendidikan yang lebih ilmiah atau akademis, yaitu menjadikan lulusannya memiliki wawasan luas dalam bidang teori.
 
Oleh karena itu, umumnya kamu akan lebih banyak diberikan pemahaman teori dibandingkan praktik saat belajar di universitas.

2. Gelar

Selain dari segi tujuan pendidikan, perbedaan politeknik dan universitas selanjutnya pun bisa kamu lihat dari gelar yang didapatkannya. Politeknik membuka 2 jenjang pendidikan yang bisa kamu pilih, yaitu D3 dan D4.
 
Jika kamu mengambil jenjang pendidikan D3, gelar yang akan kamu dapatkan adalah A.Md (Ahli Madya), sedangkan lulusan jenjang pendidikan D4 akan mendapatkan gelar S.Tr (Sarjana Terapan). Nah, jenjang pendidikan D4 ini setara dengan jenjang pendidikan S1 di universitas, ya.
 
Kemudian di universitas, terdapat 3 jenjang yang bisa kamu pilih, yaitu S1, S2, dan S3. Untuk jenjang pendidikan S1, gelar yang akan kamu dapatkan adalah Sarjana. Lalu, untuk jenjang pendidikan S2, gelar yang akan kamu dapatkan Magister. Terakhir, untuk jenjang pendidikan S3, gelar yang akan kamu dapatkan adalah Doktor.

3. Sistem SKS

Perbedaan politeknik dan universitas selanjutnya terdapat pada sistem pemilihan SKS atau Satuan Kredit Semester. SKS ini bisa diartikan sebagai besaran beban studi pada mata kuliah yang bisa kamu ambil.
 
Tiap universitas biasanya akan memberikan minimal besaran SKS di tiap semesternya.  Namun, kamu bisa mengambil jumlah SKS yang melebihi jumlah tersebut. Jadi, bisa dibilang bahwa tiap universitas membebaskan pengambilan mata kuliah dan SKS kepada mahasiswanya.
 
Calon Mahasiswa Baru Perlu Tahu, Ini 5 Perbedaan Politeknik dan Universitas
Ilustrasi mahasiswa tengah kuliah di dalam kelas. Foto: MI/Barry Fathahillah
 
Makanya, enggak sedikit mahasiswa di universitas yang bisa lulus cepat dalam tempo 3,5 tahun. Sayangnya, hal ini nggak bisa kamu temukan di politeknik. Politeknik menerapkan sistem SKS yang lebih pakem, sehingga mahasiswanya tidak bisa menyusun mata kuliah dan SKS-nya sendiri.

4. Materi Pengajaran

Selanjutnya, kamu juga bisa membedakan politeknik dan universitas dari materi pengajarannya. Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, politeknik dan universitas memiliki tujuan pendidikan yang berbeda.  Politeknik lebih berfokus pada tujuan praktek, sedangkan universitas lebih berfokus pada wawasan teori.
 
Nah, tujuan tersebutlah yang membuat keduanya memiliki materi pengajaran yang berbeda. Dikutip dari Politeknik Tempo, sistem materi pengajaran di politeknik memiliki komposisi 60:40, yaitu 60 persen praktek dan 40 persen teori. Hal sebaliknya diterapkan di universitas, yaitu memberikan 40 persen pengajaran praktik dan 60 persen pengajaran teori.

5. Jalur Masuk

Terakhir, perbedaan politeknik dan universitas bisa kamu lihat dari jalur masuknya. Jika kamu tertarik meneruskan studi di universitas negeri, jalur masuk yang bisa kamu ikuti adalah SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri yang diadakan di tiap PTN (Perguruan Tinggi Negeri).
 
Berbeda dengan itu, politeknik negeri memiliki jalur masuk yang berbeda, nih. Kalau tiap universitas negeri memiliki jalur masuk SNMPTN dan SBMPTN, politeknik memiliki jalur masuk yang sama dengan nama SNMPN atau PMDK-PN (Penelusuran Minat dan Kemampuan-Politeknik Negeri) untuk jalur undangan dan SBMPN untuk jalur UTBK.
 
Baca juga:  Asyiknya Kuliah di Jurusan Sastra Inggris, Prospek Kerja Juga Cerah
 
Akan tetapi, bagi kamu yang ingin mengambil jenjang pendidikan D4 di politeknik, kamu juga bisa mengambil jalur SNMPTN dan SBMPTN, lho. Itu dia, teman-teman, 5 perbedaan politeknik dan universitas yang perlu kamu tahu. Intinya keduanya sama-sama memiliki pengajaran yang bagus, kok, hanya saja kamu perlu memilih berdasarkan kebutuhan dan keinginanmu.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif