Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Asyiknya Kuliah di Jurusan Sastra Inggris, Prospek Kerja Juga Cerah

Pendidikan karier Inggris sastra Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi jurusan kuliah
Citra Larasati • 07 Mei 2022 19:30
Jakarta:  Memilih jurusan saat kuliah terkadang bukan hal yang mudah bagi seorang pelajar.    Berbagai hal harus menjadi pertimbangan mulai dari biaya, lokasi, prospek karier, hingga apakah jurusan tersebut sesuai dengan kemampuan serta passion kamu atau tidak.
 
Termasuk bagi kamu yang memiliki minat mendalami bahasa Inggris.  Sebab bahasa Inggris ternyata memiliki bidang studi yang sangat luas, salah satunya adalah jurusan English Literature atau Sastra Inggris.
 
Jurusan Sastra Inggris ternyata memiliki masa depan karier yang bagus karena peluang kerjanya yang juga luas.  Tidak sebatas penerjemah saja, tetapi juga profesi kelas atas seperti diplomat dan profesi lain yang banyak dicari di era industri 4.0 ini, yaitu pekerja kreatif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut berbagai peluang yang dapat kamu raih ketika mendalami jurusan Sastra Inggris yang dikutip dari laman Bina Nusantara (Binus) Seperti apa seluk beluk jurusan ini?

Prospek Karier Luas dan Menjanjikan

Bahasa Inggris saat ini sudah mendominasi semua aspek khususnya di bidang komunikasi. Sebagai lulusan English Literature, berbagai bidang pekerjaan berikut bisa jadi pilihan kamu:

1. Penerjemah

Tentu saja, kamu punya kesempatan besar sebagai penerjemah tersumpah, baik dalam bentuk lisan maupun dokumen tertulis. Beberapa contoh dokumen yang kerap membutuhkan jasa penerjemah adalah:
 
Dokumen finansial: profil perusahaan, form pajak` 
Dokumen akademis: piagam, ijazah, SKHUN
Dokumen legal: SIUP, Akta PKPS
Dokumen teknis: AMDAL, SOP, konten website
Dokumen pribadi: KK, Akta

2. Pengajar

Lulusan jurusan ini sangat bisa menjadi tenaga pengajar bahasa Inggris. Contoh profesi yang bisa kamu tekuni adalah dosen, guru, atau tutor kursus dan lembaga pendidikan. Kamu juga bisa membuka jasa mengajar les privat dari rumah ke rumah.

3. Penulis

Selama kuliah, kamu akan aktif menciptakan, menelaah, dan mengembangkan karya-karya fiksi serta non-fiksi. Nah, skill yang terus terlatih ini membuka jalan menuju prospek karier sebagai penulis. Kamu bisa menjadi jurnalis, penulis konten, copywriter, hingga penulis buku.

4. Editor

Kebutuhan industri kreatif akan profesi seorang editor kian tinggi. Mulai dari mengedit artikel Inggris hingga naskah terjemahan, pekerjaan ini sangat tepat untuk lulusan English Literature.

5. Pemandu Wisata

Kamu lulusan Sastra Inggris dan gemar travelling? Jadi pemandu wisata adalah profesi yang menjanjikan buat kamu. Jadi, kapan lagi bisa jalan-jalan sambil gajian?

6. Diplomat

Menjadi Diplomat bukan hanya ranah lulusan Hubungan Internasional. Mahasiswa lulusan jurusan Sastra juga bisa! Dengan kemampuan bahasa Inggris yang terlatih, tentunya profesi ini bisa kamu tekuni dengan baik.

7. Pekerja Kreatif

Biasanya, mahasiswa jurusan Sastra itu punya skill dan kreativitas tinggi. Bekal ini bisa membawa kamu menekuni bidang industri kreatif, seperti periklanan, penyiar radio, pertunjukan seni, musik, pertelevisian, gaming, hingga film.

Apa Saja Mata Kuliah di English Literature?

Bukan hanya mendalami bahasa Inggris, mata kuliah yang bakal kamu jalani sehari-hari sebagai mahasiswa jurusan ini adalah:
  • Dasar-dasar Linguistik Bahasa Inggris
  • Penulisan Kreatif
  • Kajian Prosa Inggris
  • Kajian Film dan Media
  • Kajian Drama dan Teater
  • Fonetik dan Fonologi Bahasa Inggris
  • Dan masih banyak lagi.

Kegiatan Mahasiswa Sastra Inggris

Siapa bilang kuliah di jurusan sastra, khususnya Sastra Inggris itu membosankan? Mengkaji karya-karya seperti Gulliver’s Travel, To Kill A Mockingbird, hingga karya klasik William Shakespeare memang sudah bakal jadi “makanan” kamu sehari-hari. Namun, mahasiswa jurusan ini punya banyak kegiatan menarik. Di BINUS UNIVERSITY, misalnya, ini beberapa aktivitas mahasiswa prodi ini:
  1. National English Competition 2020
  2. Drama performance festival
  3. Article Writing Contest
  4. Program Puisi Minggu Ini karya BINUSIAN Sastra Inggris
  5. Poetry reading Contest
  6. Pelatihan untuk Content Writing
  7. Berbagai webinar dan kajian literasi
  8. Program internship
  9. Klub Buku 2021
  10. Binusian Sastra Inggris juga punya karya menarik, yaitu majalah GLIDES yang awal 2022 ini telah memasuki edisi ke-26. Kontennya beragam, mulai dari isu seputar film dan karya seni lain, fashion, hingga masukan dari para Binusian.
Baca juga: Kursus Bahasa Asing Lewat Beasiswa Jurnalis 2022, Gratis!

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif