Rektor Unusa Achmad Jazidie. Zoom
Rektor Unusa Achmad Jazidie. Zoom

Rektor Unusa Beberkan Pentingnya Punya Otoritas Keilmuan

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi UNUSA
Arga sumantri • 23 Oktober 2020 16:35
Jakarta: Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Achmad Jazidie menyatakan otoritas keilmuan sangat penting dimiliki dan perlu dikejar para generasi muda. Otoritas keilmuan bisa membuat seseorang bisa 'berbicara' banyak.
 
"Beda dengan ketika Anda tidak punya kelebihan, otoritas, untuk bidang keilmuan tertetu. Saya khawatir dalam keaddaan seperti itu bicara berbusa-busa tidak ada yang dengar," kata Jazidie dalam webinar Medcom.id dan Unusa, Jumat, 23 Oktober 2020.
 
Jazidie teringat cerita masa SMA. Ketika itu, Jazidie merupakan orang yang gemar menulis puisi. Satu waktu, ia menulis sebuah puisi ciptaannya dan meminta teman sebangkunya untuk membaca.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Singkatnya, sang teman meremehkan isi puisi yang dibuat Jazidie dan tak mengapresiasi. Jazidie lalu mengambil sebuah kertas kosong dan kembali menulis puisi. Kali ini, ia menuliskan nama WS Rendra di pojok kanan atas kertas, sehingga terkesan puisi itu dibuat penyair terkenal tersebut.
 
"Saya sodorkan ke orang yang sama, setelah dia baca, langsung dia berkomentar, ini puisi bagus. Dengan cerita ini saya ingin bilang bahwa otoritas keilmuan, otoritas keprofesionalan, sangat penting," jelasnya.
 
Baca: Unusa: OSC Membantu Pemerintah Memajukan Pendidikan Tinggi
 
Menurut Jazidie, otoritas keilmuan bisa didapat lewat belajar dengan sungguh-sungguh. Pilih satu disiplin ilmu tertentu, dan kuasai. "Existing Anda akan sangat bermanfaat dan akan dicari di manapun Anda berada," ujarnya.
 
Jazidie juga berpesan agar jangan pernah merasa kenyang dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penting untuk terus merasa 'lapar' agar terus mencari dan mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi.
 
"Tetaplah merasa bodoh dan belum apa-apa. Karena memang seberapapun ilmu pengetahuan Anda miliki dibanding ilmu Allah itu tidak ada apa-apanya," ujarnya.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif