Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani
Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani

Pentingnya Menjaga Psikologis Anak saat Memilih Sekolah

Pendidikan Pendidikan Menengah Tips Pendidikan
Muhammad Syahrul Ramadhan • 19 Mei 2020 15:46
Jakarta: Ketua Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Diana Rahmasari menyampaikan orang tua harus bisa menjaga psikologis anak saat memilih sekolah. Sebab, memilih sekolah kerap membuat anak stres.
 
"Seringkali jauh-jauh hari, anak akan mengalami stres depresi, orang tua secara penuh memberi dukungan untuk mengatasi stres," terang Diana dalam webinar bertajuk ‘Strategi Memilih Sekolah yang Tepat Bagi Anak di Masa Pandemi Covid-19’, Selasa, 19 Mei 2020.
 
Menurut Diana, orang tua harus mengetahui ciri-ciri anak yang mengalami stres saat memilih sekolah. Biasanya, anak yang mulai stres memilih sekolah cenderung cemas, mengigau, mimpi buruk, susah fokus, sampai pegal-pegal atau tegang otot, dan mual.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Cara mengatasinya, saat cemas orang tua memberi pujian, membangkitkan rasa optimistis tidak membandingkan dengan anak lain," jelasnya.
 
Diana mengingatkan para orang tua tidak memaksakan sekolah tertentu kepada anak. Seorang anak harus dibiarkan memilih sekolah sesuai minat dan bakat mereka. Makanya, penting membuat orang tua untuk membantu anak mengenal bakat, minat dan potensi diri.
 
"Sejak awal anak berhak tahu apa bisa mendukung prestasi mereka apa sesuai bakat minat potensi anak, tidak memaksakan masuk sekolah mewah, fasilitas mewah tapi tidak memfasilitasi kelebihan anak,” kata dia.
 
Baca:Cara Cermat Memilih Sekolah Unggul untuk Anak
 
Selama proses memilih sekolah, orang tua juga disarankan membuat anak tetap ceria. Perasaan bahagia dinilai bisa meningkatkan imunitas anak. Harapannya, anak mudah beradaptasi dengan baik ketika masuk ke sekolah yang baru.
 
"Momen sebagai orang tua memberi perhatian penuh, itu menjadi cara anak beradapatsi. Menimbulkan emosi positif," ungkapnya.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif