Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Cara Cermat Memilih Sekolah Unggul untuk Anak

Pendidikan Pendidikan Menengah Tips Pendidikan
Muhammad Syahrul Ramadhan • 19 Mei 2020 13:08
Jakarta: Kepala Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah Provinsi Jawa Timur M.V Roesminingsih menyatakan, akreditasi bisa menjadi cara orang tua memilih sekolah yang unggul untuk anaknya. Sebab, akreditasi menggambarkan performa sekolah.
 
"Akreditasi unggul ada tiga hal, mampu melayani optimal seluruh anak dengan berbagai perbedaan bakat minat, karakter apapun diterima, kesulitan belajar, bakat tidak sama, itu bisa dilayani semua,” kata Roesminingsih dalam Webinar, Selasa, 19 Mei 2020.
 
Ia menyebut mutu lulusan sekolah juga harus menjadi perhatian. Siswa tidak sekadar lulus dengan nilai baik, tetapi juga memiliki softskill, seperti berpikir kritis dan kreatif di era revolusi industri 4.0.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau mengarah ke sana bukan hanya hapalan, anak diberi pengalaman mengasah diri, pemecah masalah, bukan sekedar ijazah cukup. Anak-anak pemilik masa depan harus dibekali supaya tidak gagap," ujarnya.
 
Baca:Tips Persiapan Kuliah S1 di Eropa
 
Selain itu sekolah juga harus memiliki wadah bagi siswanya dengan kegiatan ekstrakulikuler. Salah satu indikatornya ialah pretasi-pretasi yang dipajang di sekolah wajib berasal ekstrakulikuler sekolah.
 
"Sekolah tadi memiliki banyak ekstrakulikuler tidak, kalau tidak punya, tidak memberi peluang mengembangkan anak," jelasnya.
 
Ia pun menyarankan orang tua terlebih dahulu mengetahui minat dan bakat anak. Jangan sampai memaksakan anak menempuh jalur pendidikan yang tidak sesuai minat dan bakat. Sekolah tidak menjadi 'lembaga pemaksaan' yang ujungnya anak belajar tidak maksimal.
 
"Orang tua ingin jadi insinyur, lulus jadi tukang parkir, karena tidak memiliki minat, sekolah hanya karena takut orang tua," ujarnya.
 
Jarak dan lingkungan sekolah juga patut diperhatikan. Jangan sampai sekolah dan rumah terlalu jauh, karena akan menguras tenaga anak. "Lingkungan sekolah, sekolah (jangan) dekat mal, istirahat lari ke mal," kata dia.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif