Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Lebih Siap Taklukkan Soal UTBK, Ini 6 Kelebihan Try Out Online

Citra Larasati • 11 Maret 2022 08:30
Jakarta:  Memiliki skor UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) yang tinggi tentu menjadi idaman para pejuang Perguruan Tinggi Negeri (PTN).  Nah, salah satu strategi yang bisa Sobat Medcom andalkan untuk mencapai hal itu adalah dengan mengikuti try out UTBK.
 
Dalam artikel yang dikutip dari Zenius ini, akan dibahas apa sih try out online UTBK dan bagaimana strategi menghadapinya. Simak, yuk!

Apa Itu Try Out Online UTBK?

Mendengar kata try out, biasanya identik dengan ujian atau tes. Tapi, tahukah kamu arti try out itu sendiri secara harfiah adalah uji coba. Nah, kalau try out UTBK bisa disimpulkan sebagai uji coba menghadapi soal-soal yang akan diujikan pada UTBK di jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
 
Tes UTBK sendiri merupakan tes seleksi untuk bersaing dengan pejuang PTN lain guna memperebutkan kursi PTN.  Jadi, try out UTBK merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan untuk membantu kamu lebih akrab dengan soal UTBK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terlebih soal-soal UTBK memiliki level yang berbeda dengan UTS maupun UAS.  Seiring berjalannya waktu, try out UTBK semakin mudah diikuti.  Belakangan, mulai marak lembaga-lembaga yang membuka try out UTBK secara online.  Cukup dengan internet, gawai, laptop, atau komputer kamu bisa ikut try out online.

Keuntungan Mengikuti Try Out UTBK Online

Meskipun try out UTBK hanya bersifat uji coba, tapi jangan anggap remeh, ya. Uji coba ini bisa menjadi cara kamu membiasakan diri dengan tipe soal dan mencari tahu materi-materi yang perlu kamu kuasain lagi. 
 
Tren try out UTBK mulai berkembang dengan maraknya try out online. Makin digandrungi, tentu try out UTBK online memberikan keuntungan dan kemudahan daripada try out UTBK offline, dong.

Berikut 6 kelebihan try out online:

1. Bisa Dilakukan di Mana Saja

Cukup menyiapkan perangkat dan internet, kamu bisa mengerjakan try out online ini di mana saja dan senyaman kita. Bukan tidak mungkin kalau try out online lebih dipilih pejuang PTN.

2. Lebih Hemat Waktu

Kamu juga pasti setuju, dong, dengan poin ini? Dengan try out online, kamu tidak perlu jauh-jauh dari rumah ke tempat pelaksanaan. Apalagi kalau tempat tesnya jauh, akan sangat memakan waktu dan merepotkan. 
 
Selain hemat waktu perjalanan, try out online lebih memudahkan dan menghemat waktu untuk mengisi pengisian data diri karena sudah tercatat secara otomatis dalam sistem. 

3. Lebih Mudah Diakses

Tidak cuma menghemat waktu, try out online juga sangat mudah diakses. Apalagi, saat ini banyak bimbel (bimbingan belajar) yang menawarkan try out online.
 
Tapi, kamu juga perlu memperhatikan kualitas try out yang diberikan, ya. Artinya, pastikan penyelenggara selalu memperbaharui soal try out dan memberikan penjelasan jawaban dari soal yang kamu kerjakan. Selain kamu akan terlatih mengerjakan soal yang variatif, kamu juga bisa belajar dari pembahasan yang diberikan.

4. Lebih Hemat Biaya

Kemudahan untuk bisa diakses melalui device, tentu saja membuat kamu tidak perlu memikirkan biaya transport menuju tempat penyelenggara try out. Cukup duduk manis di depan layar komputer kamu.

5. Nilai Try Out UTBK Online Keluar Lebih Cepat

Kamu pasti tidak sabar menunggu hasil tes, kan? Karena try out online disusun sedemikian rupa dengan sistem komputer, maka pemrosesan nilai try out UTBK menjadi lebih cepat.
Hal ini berbeda dengan try out offline yang memerlukan waktu lama untuk memproses nilai karena masih menggunakan kertas. Selain itu, jumlah pesertanya pun pasti tidak sedikit.
 
Nah, semakin cepat nilai try out keluar, semakin cepat juga kamu bisa mengidentifikasi materi-materi yang menjadi kelebihan dan kelemahanmu. Dan pastinya, kamu jadi bisa merancang strategi yang lebih matang.

6. Dirancang Mirip dengan UTBK Sebenarnya

Dengan try out online, kamu juga bisa membiasakan diri untuk mengerjakan soal di depan laptop atau komputer yang mirip dengan pelaksanaan UTBK SBMPTN di Indonesia.
 
Baca juga:  Tips Lolos UTBK-SBMPTN 2022 ala Rektor UNS
 
Namun dalam memilih penyelenggara try out UTBK, kamu harus memperhatikan kualitas soal yang dimunculkan.  Jadi jangan sampai salah pilih platform belajar di dunia maya ya. Tetap semangat pejuang PTN!
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif