HR Business Partner Manager Paragon Corp. Hana Kusumawardhani. DOK ITB
HR Business Partner Manager Paragon Corp. Hana Kusumawardhani. DOK ITB

Kerja Masih Jadi Beban? Begini Cara Temukan Passion dalam Bekerja

Pendidikan pendidikan karier tips & trik ITB
Renatha Swasty • 27 April 2022 17:39
Jakarta: Seorang pekerja sudah seharusnya memiliki passion (ketertarikan) dalam bekerja. Sehingga, pekerjaan tidak menjadi beban.
 
HR Business Partner Manager Paragon Corp. Hana Kusumawardhani membagikan cara menemukan passion dalam bekerja. Hal itu diungkap dalam webinar Pre-Event ITB Virtual Integrated Career Days 2022 yang diselenggarakan ITB Career Center dan Direktorat Kemahasiswaan ITB.
 
Hana menuturkan pada dunia pekerjaan bakal dihadapkan pada dua pilihan, yakni passion atau uang. Dia menuturkan passion bisa mendorong seseorang nyaman dalam bekerja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, bila bekerja dengan passion, maka bisa mendapatkan kesenangan dan uang. Hana menyebut seseorang memiliki passion bila mencintai yang dikerjakan.
 
Pekerjaan yang dimiliki seseorang juga berperan sebagai ajang healing bila memiliki passion. Hal sebaliknya akan terjadi bila tidak memiliki passion.
 
“Kita bisa melakukan pekerjaan, tapi pekerjaan kita itu enggak maksimal dan mungkin enggak akan nambah value diri,” ujar Hana dikutip dari laman itb.ac.id, Rabu, 27 April 2022.
 
Hana menyebut seseorang sering menemukan passion tidak sengaja maupun disengaja. Namun, beberapa situasi dan kondisi memaksa diri seseorang untuk bekerja di luar passion.
 
Lantas, haruskah berhenti jika tidak berada dalam kondisi yang tidak sesuai dengan passion? Hana menuturkan terkadang seseorang merasa tidak percaya diri saat mencoba sesuatu untuk pertama kalinya.
 
Namun, dengan mencoba hal baru bisa membuka passion baru dalam hidup. “Awalnya kita belum menguasai suatu hal dalam pekerjaan, lalu kita coba, kita belajar, sampai kita confidence dan lama-lama kita jadi suka karena kita makin expert juga di situ,” tutur dia.
 
Hana menyebut setelah seseorang menyukai suatu pekerjaan, selanjutnya harus fokus mengembangkannya. Dia menuturkan dalam hidup, makna hobi dan passion kadang tidak bisa dibedakan.
 
Terkadang, ada hobi yang menjadi passion. Namun, tidak selalu suatu passion bisa menjadi hobi.
 
Hobi adalah hal yang digemari dan dilakukan di waktu luang. Namun, hobi belum tentu membuat seseorang ingin menjadi expert di dalamnya.
 
Lain dengan passion, seseorang mempunyai perasaan kuat serta antusiasme tinggi dalam suatu hal. Sehingga, membuat ingin menjadi expert di dalamnya.
 
“Misalkan aku gemar bermain musik dan aku ingin menguasai musik agar bisa berkarier di dunia musik, itu baru namanya passion,” tutur Hana.
 
Hana menyebut passion bukan sesuatu yang dicari. Tetapi, passion tumbuh karena ingin dikembangkan.
 
“Pengembangan passion itu butuh proses,” tutur Hana.
 
Baca: Alumnus Unair Bagikan Tips Menjadi Lulusan Berkualitas
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif