Ilustrasi. DOK Unesa
Ilustrasi. DOK Unesa

Persiapan Masuk PTN, Simak Yuk 3 Tips Hadapi SNBP 2023

Renatha Swasty • 21 November 2022 12:46
Jakarta: Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 sebagai pengganti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) bakal dimulai tahun depan. Perubahan itu membuat sejumlah siswa terkejut.
 
Sebab, siswa kelas XII yang sudah mengincar jalur prestasi untuk masuk kuliah sudah memperjuangkan nilai rapor beberapa mata pelajaran sejak kelas X. Tiba-tiba pemerintah mengumumkan seluruh nilai mata pelajaran penting.
 
Beruntungnya bagi Sobat Medcom yang mempunyai nilai rapor baik sejak kelas X di semua mata pelajaran. Lalu, bagaimana dengan siswa yang memiliki nilai kurang baik?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut trik menghadapi SNBP 2023 dikutip dari laman Aku Pintar:

SNBT dan SNBP 2023

Ada tiga jalur masuk perguruan tinggi negeri, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Kedua jalur pertama tersebut berganti nama. SNMPTN diganti menjadi SNBP, sedangkan SBMPTN menjadi SNBT.
 
SNBP adalah Seleksi Nasional Berbasis Prestasi. Perubahan nama ini pada dasarnya tidak mengubah metode seleksi meskipun ada beberapa perubahan ketentuan.
 
SNBT adalah jalur masuk perguruan tinggi negeri melalui tes. Sama seperti SBMPTN sebelum-sebelumnya, siswa juga akan mengikuti UTBK bila memilih jalur tes ini untuk masuk kuliah di perguruan tinggi negeri.

Perubahan ketentuan SNBP

Sobat Medcom yang berencana mengikuti SNBT, masih ada waktu mengejar perubahan materi ujian di UTBK. Namun, bagaimana dengan siswa yang sudah berencana mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Prestasi?
 
Apabila kamu anak IPA yang sejak kelas X sudah memperjuangkan nilai Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi demi lolos seleksi masuk jurusan impianmu. Boleh jadi kamu kurang memperhatikan nilai mata pelajaran lain di rapormu.
 
Sementara itu, ketentuan SNBP terbaru menetapkan nilai seluruh mata pelajaran di rapor menjadi komponen penilaian utama dalam seleksi. Masih bisakah mengikuti SNBP 2023?

Hal yang perlu disiapkan untuk SNBP 2023

Tentu saja, Sobat Medcom masih bisa mengikuti SNBP 2023. Jangan dulu patah arang lantaran ketentuan SNBP baru.
 
Pada akhirnya, keputusan untuk meloloskan calon mahasiswa dalam SNBP sepenuhnya menjadi kewenangan universitas yang bersangkutan. Terlepas dari keadaan rapormu saat ini, masih ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebelum masa pendaftaran SNBP 2023 dibuka.
 
Setidaknya, ada tiga hal yang perlu di siapkan untuk SNBP 2023:

1. Pelajari komponen penilaian SNBP 2023

Selain nilai rata-rata seluruh mata pelajaran, ada komponen lain lagi yang menjadi pertimbangan dalam SNBP. Komponen kedua penilaian SNBP 2023 ialah nilai rapor dua mata pelajaran pendukung program studi yang dituju.
 
Apa saja mata pelajaran pendukung yang dibutuhkan oleh jurusan impian Sobat Medcom? Kalian masih bisa memperhitungkan peluang lolos di SNBP 2023 dengan melihat nilai mata pelajaran pendukung yang dibutuhkan oleh tiap-tiap jurusan impianmu.
 
Perhatikan pula, apakah jurusan impianmu di SNBP 2023 membutuhkan portofolio. Pertimbangkan apakah ada kemungkinan untuk memperkuat bobot penilaian pada portofoliomu.

2. Riset jurusan dan universitas impianmu

Sebagai calon mahasiswa, pahami penting memilih jurusan atau program studi yang paling sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan. Namun, mengenal bakat minat dan memahami kemampuan diri sendiri saja tidak cukup. Kita juga harus mencari tahu kira-kira seberapa besar peluang lolos SNBP di jurusan dan universitas impian.
 
Sobat Medcom mesti sering-sering mencari tahu jumlah calon mahasiswa yang berhasil lolos pada seleksi sebelumnya. lalu, seberapa besar kuota jurusan impianmu di SNBP 2023.
 
Hitung pula berapa peluangmu lolos dengan membandingkan antara jumlah peminat dan daya tampung. Jangan lupa, cari tahu pula kakak-kakak kelas yang berhasil lolos seleksi dari tahun-tahun sebelumnya.

3. Perhatikan jadwal SNBP dan SNBT

Tak terasa sudah mendekati penghujung 2022. Kapan jadwal SNBP, SNBT, Seleksi Mandiri 2023 dibuka?
 
Biasanya tahapan SNBP dimulai sejak awal tahun. Nah, Sobat Medcom mesti buka mata dan telinga lebar-lebar apabila mau mengikuti SNBP 2023.
 
Jangan sampai ketinggalan jadwal pendaftaran SNBP 2023. Yang pasti, pelaksanaan dan pengumuman hasil SNBP 2023 berlangsung sebelum SNBT.
 
Itu artinya, kalian masih bisa mengikuti SNBT bila gagal di SNBP 2023. Untuk itu, jangan kendur dalam persiapan belajar SNBT dan SNBP 2023.
 
Kemudian, setelah selesai SNBT dan SNBP 2023 masih ada Seleksi Mandiri. Berkaca pada seleksi di tahun-tahun sebelumnya, beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta menggunakan nilai UTBK di Seleksi Mandiri.
 
Untuk itu, harus berjuang sepenuh hati di UTBK. Apabila gagal di SNBT, nilai UTBK masih bisa digunakan untuk mengikuti Seleksi Mandiri di perguruan tinggi negeri bahkan swasta.
 
Baca juga: Perbedaan Penilaian SNMPTN dan SNBP 2023, Apa Saja?

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif