Kebutuhan akan skill copywriting ini memang cukup tinggi. Berdasarkan laporan The Career Explorer, menunjukkan di Amerika Serikat (AS) lapangan kerja untuk skill copywriting diprediksi akan terus tumbuh sebanyak 7,6% hingga tahun 2026. Walau data diambil dari populasi di AS, kebutuh copywriter di Indonesia juga besar.
Pengertian copywriting
Melansir Fiverr, copywriting adalah salah satu elemen terpenting dari periklanan dan pemasaran. Ini adalah proses menulis kata-kata persuasif (dikenal sebagai copy) yang menginspirasi atau memotivasi orang untuk mengambil tindakan tertentu. Seperti, donasi, pembelian produk, download, klik, dan lainnya.Dikutip dari dari Skill Academy, copywriting mempunyai peran vital di era pemasaran digital saat ini. Bisa dibilang copywriting merupakan ujung tombak pemasaran digital.
Tugas copywriting
Lalu apa saja tugas copywriting? Simak penjelasannya berikut ini.Di awal sudah dijelaskan bahwa copywriting adalah membuat copy iklan untuk memersuasi atau membujuk orang untuk mengambil tindakan tertentu. Selain itu, berikut tugas copywriting seperti dikutip dari cakeresume:
- Memproduksi konsep iklan dan kampanye pemasaran yang mencerminkan brand voice, menarik, dan mudah diingat audiens ? biasanya juga akan bekerja sama dengan desainer.
- Menulis konten kreatif dalam berbagai format untuk beragam media ? konten sosial media, slogan, jingle, iklan billboard, buletin email (email newsletter), dll.
- Meningkatkan traffic situs web perusahaan.
- Mempromosikan konsep iklan dan kampanye pemasaran kepada klien atau pembuat keputusan dalam perusahaan.
- Menganalisa produk, layanan, pelanggan, tren pencarian situs web, pesaing, dan seluruh industri.
- Mengembangkan strategi copywriting berdasarkan hasil analisis kampanye pemasaran.
- Mengedit dan merevisi ulang hasil copy terus-menerus hingga tepat.
Baca: Ini 5 Prospek Kerja Lulusan Sastra Indonesia, Masa Depan Cerah |
Skill yang harus dimiliki
Untuk menjadi seorang copywriter tentu skill utama yang harus dimiliki adalah kemampuan menulis yang kuat. Seperti perbendaharaan kata yang mumpuni. Berikut kemampuan yang harus dimiliki seorang copywriter:1. Berpikir kreatif
Membuat copy yang baik membutuhkan banyak kreativitas dan imajinasi. Kemampuan ini bisa membantu untuk membuat konsep dan menemukan cara inovatif untuk mempromosikan merek dan bisnis perusahaan.2. Kemampuan riset
Skill copywriting berikutnya yang harus dimiliki adalah kemampuan untuk melakukan riset. Melansir laman Indeed, riset merupakan kemampuan yang wajib dimiliki setiap copywriter, terutama ketika menyangkut jenis proyek penulisan yang lebih kompleks.Kemampuan riset ini dibutuhkan ketika copywriter membuat materi iklan atau pemasaran baru. Misalnya, copywriter yang membuat materi promosi dapat meneliti bisnis pesaing untuk mengetahui jenis iklan apa yang berhasil.
3. Mengetahui target audiens
Dikutip dari Glints, kemampuan yang juga harus dimiliki copywriter adalah memahami target audiens. Hal ini agar tujuan sebuah copy bisa menggugah pembaca suatu produk.Karena itu, penulisan copy yang harus disesuaikan dengan target audiens dari produk atau layanan tersebut. Jangan sampai copy berbeda dengan produk yang akan dijual.
Misalnya, kamu membuat copy dengan target generasi Z, namun menggunakan bahasa yang formal. Hal tersebut membuat copy dari produk atau layanan tidak sesuai.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id