Contoh kata pengatar tugas karya ilmiah sampai skripsi (Medcom.id)
Contoh kata pengatar tugas karya ilmiah sampai skripsi (Medcom.id)

Contoh Kata Pengantar untuk Tugas Makalah, Skripsi, Karya Ilmiah, dan Proposal

Pendidikan Bahasa Indonesia skripsi Kata Pengantar
Muhammad Syahrul Ramadhan • 16 April 2022 15:14
Jakarta: Kata pengantar merupakan salah satu bagian dari sebuah makalah, proposal, atau karya ilmiah. Fungsi dari kata pengantar untuk mengantarkan pembaca kepada uraian karya tulis lebih lanjut.
 
Dalam penulisannya ada susunan yang perlu diperhatikan. Berikut ini cara dan contoh penyusunan kata pengantar.

Pengertian kata pengantar

Sebelum membahas bagaiama cara penyusunan kata pengantar yang baik dan benar simak penjelasan terkait pengertian kata pengatar. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata pengantar adalah kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat dan jelas sebagai pendahuluan suatu karya tulis. Kata pengantar ditulis di halaman pertama suatu karya tulis.
 
Secara umum, kata pengantar dijelaskan sebagai rangkaian ucapan rasa syukur dan terima kasih kepada pihak yang telah membantunya menyelesaikan karya tersebut. Namun, tidak hanya itu, kata pengantar juga berisi gambaran umum tentang karya yang dibuat oleh penulis.

Fungsi kata pengantar

Dikutip dari laman Aku Pintar, kata pengantar yang ditulis di halaman awal berfungsi mengantarkan pembaca kepada uraian karya tulis lebih lanjut. Untuk itu, perlu penyusunan kata pengantar yang baik dan mampu membangkitkan minat pembaca untuk terus melanjutkan membaca sampai selesai.

Cara membuat kata pengantar

Sebelum lanjut ke cara membuat kata pengantar, terlebih dahulu sobat Medcom perlu mengetahui struktur kata pengantar. Dengan memahami strukturnya akan memudahkan pembuatan kata pengantar dalam tugas makalah, skripsi, karya ilmiah, laporan, atau proposal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ini struktur kata pengantar:

1. Pembukaan

Bagian pembukaan berada pada paragraf pertama sampai kedua. Pada bagian ini berisikan ucapan rasa syukur penulis atas selesainya karya yang ditulis.

2. Isi

Di bagian isi ini berisikan gambaran umum mengenai makalah atau karya ilmiah yang dibuat.
Penulis juga biasanya akan menyebutkan nama-nama orang yang berkontribusi dalam penyelesaian karya tulis.

3. Penutup

Bagian penutup kata pengantar adalah permohonan maaf penulis serta kesediaan untuk menerima saran dan kritik membangun di kemudian hari.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif