Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Alumnus Unair Bagikan Dua Kunci Penting untuk Memulai Karier

Citra Larasati • 18 Maret 2022 07:30
Jakarta:  Sebelum memasuki dunia kerja tentu terdapat banyak hal yang harus dipersiapkan.  Setidaknya ada dua jurus sederhana yang dapat dilakukan untuk sebelum memulai langkah berkarier.
 
Asistant Vice President Bank Rakyat Indonesia (BRI) Andika Arif Rahmansyah mengungkapkan, kedua jurus sederhana untuk meraih karier tersebut adalah mimpi dan keberuntungan.  Andika mengungkapkan, bahwa mimpi adalah kunci dalam meraih karier.
 
Menurutnya, keberuntungan bukan muncul secara tiba-tiba. Keberuntungan muncul apabila ada kesiapan dalam diri dan adanya kesempatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Maka kalau kita sudah siap dengan segala kondisi, dengan segala kapasitas, ada kesempatan untuk maju, maka itu yang dikatakan keberuntungan,” jelasnya dalam workshop Airlangga Online Career Fair (AOCF) bersama Bank BRI, dikutip dari laman Unair, Jumat, 18 Maret 2022.
 
Alumnus Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Unair angkatan 2004 ini juga menjelaskan bentuk kesiapan yang dapat dilakukan calon pelamar kerja. Hal itu meliputi belajar dengan keras, disiplin, konsisten, meningkatkan hardskills dan softskills, dan bersosialisasi dengan baik. Selain itu, Andika juga menyebut beberapa hal penting untuk disiapkan sebelum melamar pekerjaan. 

Persiapan Sebelum Melamar Kerja

  • Memiliki pengalaman organisasi, volunteer, magang, ataupun pelatihan akan menambah nilai lebih untuk dilirik recruiter
  • Menata ulang resume atau CV dengan menyampaikan sesuatu hal yang membuat recruiter yakin bahwa kita adalah kandidat terbaik untuk posisi yang ada.
  • Mem-branding media sosial dengan mencantumkan hal-hal yang menggambarkan diri kita. 
  • Melampirkan surat lamaran kerja dengan memberikan kata kunci yang menarik perhatian recruiter.
  • Mengetahui latar belakang perusahaan sebelum melamar pekerjaan.

Pengetahuan Perusahaan Tujuan

Andika menjelaskan, bahwa pengetahuan tentang perusahaan tujuan sebelum melamar pekerjaan sangat penting dimiliki. Pelamar kerja harus memastikan bahwa perusahaan yang akan dilamar sesuai dengan passion-nya.
 
Andika menyebut, pelamar harus memastikan apakah benefit dari perusahaan sesuai dengan keinginan. “Karena seorang human capital pasti akan menayangkan pengetahuan dari job seeker terkait dengan perusahaan yang akan mereka masuki. Bagaimana seorang human capital tahu kesungguhan dari teman-teman kalau teman-teman tidak mengetahui latar belakang perusahaan,” tambahnya.
 
Dalam sesi itu, Andika menjelaskan keuntungan yang akan didapatkan ketika bekerja di Bank Rakyat Indonesia (BRI). Keuntungan tersebut seperti berkesempatan melanjutkan pendidikan S2 di luar negeri, mengembangkan hobi dengan bergabung komunitas, dan jenjang karier yang cepat apabila berprestasi.
 
Baca juga:  13 Jurusan Kuliah Ini Jadi Favorit di Kalangan Perempuan
 
Selain itu, lanjut Andika, bekerja di BRI turut serta memberikan makna untuk kemajuan Indonesia. “Karena BRI ini adalah bank UMKM atau bank mikro. Kita tahu bahwa 99 persen penggerak ekonomi Indonesia adalah UMKM. Sudah dapat dibayangkan ketika bergabung di BRI kita akan dapat berkontribusi,” tambahnya.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif