Ilustrasi: MI/Rommy Pujianto
Ilustrasi: MI/Rommy Pujianto

13 Jurusan Kuliah Ini Jadi Favorit di Kalangan Perempuan

Medcom • 10 Maret 2022 21:51
Jakarta:  Setiap warga negara, terlepas dari jenis kelaminnya, tentunya berhak mengenyam pendidikan yang sama. Namun, jika ditinjau dari karakteristik psikologis, terdapat sejumlah jurusan kuliah yang cocok untuk ditekuni gender tertentu.
 
Melansir dari laman Quipper, setidaknya ada 13 program studi yang prospek kerjanya sangat cocok untuk perempuan. Berikut ulasannya:

1. Psikologi

Psikologi merupakan jurusan yang paling diminati wanita. Hal ini dikarenakan umumnya wanita memiliki emosi dan tingkat kepekaan yang tinggi, sesuai dengan mata kuliah yang bakal dipelajari.  Sebagai gambaran, jurusan ini mempelajari hal-hal terkait perilaku manusia.
 
Termasuk, tindakan-tindakan yang memengaruhi kesehatan jiwa.  Oleh karena itu, setelah lulus dan menjadi seorang psikolog, wanita cenderung bisa lebih peka dan mengerti hal yang dirasakan pasiennya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, tentunya prospek kerja lulusan Psikologi tak hanya sebatas itu saja. Lulusan jurusan ini bisa menjadi guru BK, konselor mental anak, human resource, penulis, dan konsultan sumber daya manusia (SDM).

2. Sekretaris

Sekretaris juga menjadi jurusan kuliah yang paling banyak ditekuni wanita. Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari kemampuan komunikasi secara lisan dan tulisan. Selain itu, juga mempelajari bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Jepang, dan bahasa Mandarin.
 
Tujuan belajar bahasa asing adalah agar ketika bekerja, mampu berhadapan dengan klien dari luar Indonesia. Oleh karena itu, seorang calon skretaris harus memiliki wawasan bahasa yang mumpuni.
 
Adapun beberapa jurusan yang terkait dengan sekretaris adalah Pendidikan Administrasi Perkantoran, Ilmu Perpustakaan, Manajemen Perkantoran, Ilmu Administrasi dan Perpustakaan, Pendidikan Ekonomi, Administrasi Perkantoran, dan juga Manajemen Informasi dan Dokumentasi.

3. Kedokteran Anak

Jurusan spesialis ini menjadi favorit di kalangan wanita lantaran pekerjaannya berhubungan dengan anak-anak. Hal ini berkaitan dengan kondisi psikologis perempuan yang umumnya memiliki ikatan emosional kuat dengan anak-anak.
 
Untuk menjadi seorang dokter anak, pertama-tama harus menyelesaikan pendidikan S1 Kedokteran dengan rentang waktu 3,5 tahun sampai dengan 4 tahun. Dilanjutkan dengan jenjang Profesi Kedokteran selama 1,5 tahun sampai dengan 2 tahun.
 
Tak berhenti di situ, tahapan selanjutnya adalah mengikuti tes kompetensi praktik yang kemudian akan disumpah menjadi dokter ketika lulus. Selanjutnya, melaksanakan praktik magang atau internship lagi selama satu tahun.
 
Setelah itu, barulah bisa mengambil spesialisasi dokter anak. Pendidikan spesialis biasanya membutuhkan waktu hingga empat tahun. Proses yang lama ini tentunya akan terbayar dengan prospek kerja menjanjikan.

4. Keperawatan

Selain dokter, profesi perawat juga kerap dianggap cocok untuk wanita. Pasalnya, perempuan dinilai cenderung lebih telaten dalam merawat seorang pasien. 
 
Pendidikan yang harus ditempuh untuk menekuni profesi tersebut adalah jurusan Keperawatan. Tak cuma menjadi perawat di rumah sakit, lulusan jurusan ini juga bisa bekerja Puskesmas, klinik kesehatan, perawat pribadi dalam keluarga, panti jompo atau bekerja sebagai perawat di luar negeri.

5. Kebidanan

Masih dari rumpun ilmu kesehatan, jurusan yang tak kalah banyak diminati wanita adalah Kebidanan. Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari cara menjadi seorang bidan profesional, mulai dari melakukan pemeriksaan kehamilan hingga menangani persalinan.
 
Saat menekuni profesinya, profesi ini akan membantu kelancaran program Keluarga Berencana (KB), serta melakukan pemeriksaan pra dan pasca melahirkan. Seorang bidan tak hanya bekerja di instansi kesehatan, tetapi juga bisa membuka praktik sendiri.

6. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Jurusan ini akan mempelajari ilmu terkait cara mendidik siswa di sekolah dasar. Usia sekolah dasar merupakan usia anak-anak yang masih banyak membutuhkan perhatian.
 
Oleh karena itu, seorang guru SD harus berperan sebagai orang tua di sekolah untuk membentuk karakter yang baik. Inilah sebabnya profesi guru SD lebih banyak diisi oleh wanita, sebab mereka dinilai lebih sabar dan telaten dalam mendidik anak.

7. Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Jurusan ini mempelajari segal hal terkait cara mengajar, membimbing, dan mendidik anak usia dini. Selain itu, juga diajarkan cara melatih, membentuk karakter, mengembangkan wawasan, serta memperhatikan perkembangan fisik yang baik pada anak usia dini.
 
Sama halnya dengan PGSD, jurusan ini berurusan dengan anak-anak. Inilah alasannya profesi guru Taman Kanak-kanak (TK) lebih banyak diisi oleh wanita.

8. Sastra Inggris

Jurusan ini mempelajari bahasa Inggris dari segi linguistik dan sastra yang mendalam. Beberapa hal yang bakal ditekuni di jurusan ini adalah mengkaji karya sastra seperti roman, puisi, prosa, novel, drama, maupun film. Selain itu, juga mengkaji beragam kebudayaan dari berbagai negara dengan bahasa Inggris.
 
Lulusan Sastra Inggris juga memiliki prospek yang bagus dan luas. Di antaranya menjadi penerjemah lisan, eksportir, guru bahasa asing, bagian tata usaha perdagangan luar negeri, dan penerjemah tulisan atau translator.
 
Peluang kerja lainnya yakni menjadi konsultan pendidikan, staf maskapai penerbangan, concierge hotel, tour guide, public relations, jurnalis, dosen, editor, dan juga sastrawan.

9. Biologi

Jurusan ini mengkaji hal-hal terkait makhluk hidup, di antaranya struktur organ, fungsi organ, sel, dan juga berbagai macam fenomena lain yang berkaitan dengan makhluk hidup. Lulusan jurusan Biologi berpotensi menjadi ahli ekologi, ahli biokimia, ahli botani, dan masih banyak lagi.

10. Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi mempelajari segala hal terkait bidang keilmuan bisnis, manajemen, dan ilmu komputer. Lewat prodi ini, mahasiswa juga akan belajar cara mengidentifikasi kebutuhan dalam proses bisnis berdasarkan data-data yang ada, serta merancang sistem sesuai kebutuhan perusahaan.
 
Lulusan jurusan ini memiliki prospek kerja yang bagus. Di antaranya menjadi insinyur aplikasi, konsultan IT, data scientist, programmer, dosen, staf ahli informasi medis, digital marketing, research and development, dan masih banyak lagi.

11. Ilmu Komunikasi

Perempuan biasanya memiliki naluri komunikasi yang baik, sehingga lebih luwes dan peka ketika menjalin pergaulan. Inilah yang membuat Jurusan Ilmu Komunikasi sangat cocok untuk perempuan. Beberapa konsentrasi yang bisa dipilih adalah marketing, advertising, broadcasting, dan sebagainya.

12. Tata Boga

Biasanya, beberapa wanita memiliki talenta memasak dan ketelatenan yang tinggi. Talenta ini bisa terus diasah dan dikembangkan melalui Jurusan Tata Boga.
 
Jurusan ini mempelajari berbagai teknik memasak sekaligus menyajikan makanan. Tidak hanya makanan Indonesia saja, tetapi juga hidangan internasional.
 
Baca juga:  8 Fakultas dan Jurusan di Universitas Negeri Semarang

13. Akuntansi

Akuntansi juga menjadi jurusan yang banyak diminati wanita. Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari materi tentang penyusunan dan pencatatan laporan keuangan. Pencatatan ini akan sangat dibutuhkan dan berguna untuk pengambilan keputusan terkait keuangan di berbagai instansi, lembaga, dan perusahaan.
 
Itulah sejumlah jurusan kuliah yang prospek kerjanya bagus untuk wanita. Tertarik untuk berkuliah di salah satu program studi tersebut? (Nurisma Rahmatika)
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif