Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Selain Pemandangan Nordik, Ini 5 Alasan Kuliah di Denmark Bakalan Seru

Citra Larasati • 27 Januari 2022 13:38
Jakarta:  Denmark Tak hanya sekadar negara yang kondang dengan pemandangan nordiknya yang indah, tetapi juga dikenal dengan sistem pendidikannya yang sangat baik. Tujuh perguruan tinggi di Denmark masuk dalam pemeringkatan akademik dunia.
 
Artikel yang dikutip dari laman EHEF.id ini mungkin akan bikin kamu enggak nyesel dan mantap saat mempertimbangkan Denmark sebagai negara tujuan studi di jenjang pendidikan tinggi.  

Berikut 5 alasan kenapa Denmark layak jadi negara pilihan studi:

Pendidikan Nyaman

Pendidikan dianggap sebagai langkah penting di Denmark, karena wajib belajar bagi anak-anak berlangsung selama sepuluh tahun. Ada banyak pilihan lembaga pendidikan kejuruan bagi mereka yang tidak terlalu tertarik pada praktik studi tradisional.
 
Kesempatan untuk mendapatkan pendidikan berkualitas di Denmark tidak sulit, bahkan sangat terbuka untuk semua orang. Berbicara tentang keterbukaan, bahasa Inggris digunakan secara luas di seluruh Denmark, di mana anak-anak pertama kali diperkenalkan dengan bahasa internasional pada kelas dua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:  Mengenal Seluk-Beluk Profesi Akuntan Publik
 
Kamu pun dapat dengan mudah menemukan program studi dalam dua bahasa pilihan, baik Inggris atau Denmark saat di perguruan tinggi.   Kampus-kampus di Denmark juga menawarkan sistem pembelajaran yang modern, salah satunya dengan menawarkan kelas yang lebih kecil, dengan ruang yang lebih nyaman untuk berbicara secara terbuka dengan dosen tentang teori dan penelitian yang kamu pelajari.

Keamanan terjamin

Ada tingkat kemandirian tertentu yang dimiliki orang Denmark, bahkan dimulai dari anak yang baru berusia delapan tahun. Anda dapat melihat anak-anak di seluruh negeri dengan bebas berjalan atau bersepeda sendiri.
 
Di tingkat universitas, selain merasa nyaman di dalam kelas, mahasiswa memiliki kesempatan untuk lebih membenamkan diri dalam kehidupan kampus.  Ini berkat sistem pertemanan yang diterapkan di universitas di mana sekolah akan menugaskan mahasiswa lain untuk menyapa dan membimbing mahasiswa baru di sekitar kampus baru.
 
Mahasiswa baru tidak hanya mendapatkan teman baru, tetapi mereka juga dapat memberikan tips praktis tentang cara bernavigasi di dalam kampus. Itu hanyalah keuntungan tambahan yang bisa didapat saat orientasi mahasiswa yang sudah ada di setiap universitas.

Kehidupan sosial yang aktif

Jika kamu ingin melepaskan penat dan menikmati waktu bersantai di sela-sela waktu kuliah, Denmark adalah tempat yang tepat.  Danau-danau yang indah biasanya mengelilingi kampus, hutan, taman tempat para mahasiswa bebas berkeliaran untuk mengadakan pertemuan, kumpul-kumpul, atau bahkan melakukan kegiatan outdoor bersama seperti lomba perahu dan jogging.
 
Universitas di sana bahkan sering melakukan kegiatan di luar kebiasaan kampus pada umumnya, mereka menyelenggarakan pesta-pesta tematik dan akan ada harga diskon tiket kepada mahasiswa kampus atau izin masuk gratis.

Penelitian dan Pengembangan

Pada tahun 2019, jaringan universitas riset intensif internasional, Universitas 21 (U21), menobatkan Denmark sebagai kampus terbaik untuk penelitian dan pengembangan. Setiap tahun, U21 merilis "laporan Peringkat Sistem Pendidikan Tinggi Nasional," di mana mereka mengevaluasi 50 sistem pendidikan tinggi nasional di empat kategori, termasuk sumber daya, lingkungan, konektivitas, dan keluaran.
 
Jadi pendidikan berkualitas tinggi dijamin di Denmark. Selain itu, kamu juga harus tahu bahwa universitas Denmark dikenal dengan penelitian inovatif di berbagai bidang. Termasuk Kedokteran, Bioteknologi, Energi, dan Ilmu Lingkungan.
 
Jadi, jika kamu ingin melanjutkan pendidikan tinggi di salah satu sektor tersebut, Denmark adalah negara tujuan belajar yang tepat.

Beasiswa tersedia untuk siswa internasional

Denmark dikenal luas sebagai tempat yang bagus untuk belajar dengan kota-kota yang ramah siswa. Jika kamu warga negara dari UE jangan khawatir, karena biaya kuliah sepenuhnya gratis. Di sisi lain, jika kamu seorang siswa internasional, maka kamu akan memiliki beberapa peluang beasiswa untuk dipilih dari pemerintah, universitas, atau organisasi swasta.
 
Berikut sejumlah beasiswa yang dapat mendukung kuliah di Denmark:

Bantuan Keuangan Sarjana Internasional LifeAsapa di Denmark

  • Tiga jenis beasiswa
  • USD 10.000 pada tahun pertama dan tunjangan bulanan USD 2.000
  • Pembayaran 50% untuk program sarjana tiga tahun
  • Pembayaran 100% untuk program gelar sarjana untuk seluruh periode
  • Tersedia untuk mahasiswa internasional sarjana
  • Hanya tersedia untuk gelar sarjana teknis

Beasiswa Pemerintah Denmark 2022

  • Sepenuhnya didanai: pengabaian biaya kuliah penuh dan hibah untuk membantu menutupi biaya hidup sebelum pajak, atau didanai sebagian.
  • Terbuka untuk sebagian besar universitas top Denmark, seperti Copenhagen Business School, Universitas Aarhus, Universitas Denmark Selatan, Universitas Kopenhagen, dll.
  • Beasiswa memberikan siswa dengan prestasi akademik yang tinggi. Jadi, aspek finansial tidak diperhatikan.
  • September Intake: 1 Februari 2022
  • Februari Intake: 1 September 2022

Denmark Ph.D. Beasiswa Kepemimpinan Di Sekolah Bisnis Kopenhagen

  • Didanai penuh, termasuk biaya kuliah, ruang kantor, hibah perjalanan ditambah gaji
  • Tersedia untuk Ph.D. mahasiswa internasional di Universitas Kopenhagen
  • Hanya tersedia untuk gelar kepemimpinan
Nah, semoga informasi di atas dapat membantu buat kamu yang masih bingung akan melanjutkan kuliah ke negara mana.  Jangan lupa untuk selalu memantau berita di kanal Pendidikan Medcom.id untuk informasi terbaru beasiswa maupun peristiwa yang terjadi di dunia pendidikan agar kamu selalu terdepan dalam informasi.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif