Tips membuat cover letter yang baik (Ilustrasi Medcom.id)
Tips membuat cover letter yang baik (Ilustrasi Medcom.id)

4 Tips Membuat Cover Letter yang Baik dan Contohnya

Pendidikan karier Surat lamaran kerja Cover letter
Muhammad Syahrul Ramadhan • 23 April 2022 17:12
Jakarta: Dalam mengirim lamaran kerja cover letter merupakan salah dokumen yang perlu dilampirkan. Cover letter merupakan surat pengantar berisi perkenalan diri secara singkat mengenai latar belakang dan kenapa berminat pada posisi yang dilamar tersebut.
 
Melansir unggahan Instagram resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, cover letter mempunyai empat fungsi, sebagai berikut:
  • Memperkenalkan diri
  • Menunjukkan minat pada perusahaan
  • Menarik perhatian resume milikmu
  • Memotivasi rekruter untuk mewawancarai
Dengan kata lain,  cover letter sarana untuk sobat Medcom mempromosikan diri kepada perusahaan yang membuka lowongan kerja. Dokumen ini dikirim bersama surat lamaran kerja beserta CV.
 
Dilansir dari Glints, cover letter menjadi dokumen yang akan dilihat pertama kali oleh rekruter ketika menerima surat lamaran kerja.  Karena itu, cover letter harus disusun secara baik, agar menarik perhatian dan berkualitas.

Isi cover letter

Lalu apa saja yang ditulis di cover letter? Melansir laman Glints ada lima bagian dalam penulisan cover letter, seperti berikut:
  • Buka email atau surat dengan perkenalan diri dan nyatakan minatmu pada lowongan yang dibuka
  • Jelaskan pengalaman kerja yang berkaitan dengan lowongan kerja
  • Terangkan hal-hal yang membuatmu lebih unggul, seperti penghargaan atau sertifikasi pelatihan
  • Cantumkan semua dokumen yang diajukan pihak rekruter
  • Tutup email atau surat dengan sopan


4 Tips membuat cover letter

1. Riset

Kenali perusahaan yang akan dilamar, selain itu juga ketahui tanggung jawab pekerjaan dan, persyaratannya. Jangan lupa isi subjek yan gidutju dengan jelas dan benar.

2. Tata bahasa

Perhatikan tata bahasa dalam pembuatan cover letter. Gunakan bahasa formal sesuai PUEBI yang mudah dipahami, singkat, dan jelas serta menarik untuk disimak.

3. Tulisan mudah dibaca

Jika cover letter ditulis dengan tangan pastikan bisa dibaca dan rapi. Apabila menggunakan email gunakan font yang mudah dibaca seperti Arial, Calibr, Garamond, dan Helvetica, dan Georgia.

4. Susun dengan tepat

Pastikan susuan cover letter disusun dengan tepat pada tiga bagian pentin. Bagin cover letter terdiri dari, pembukaan berisi tujua serta tanggal pembuatan cover letter. Bagian dimuali dengan salam pembuka hingga profil singkat. Kemudian bagian penutup surat dengan menulis salam serta tanda tangan.

Contoh cover letter dalam Bahasa Indonesia

Subjek email
(Tulisa subjek email secara singkat sesuai tujuan)
 
Yang terhormat (nama & titel)
 
Melalui email ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan untuk posisi Fisioterapi di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.  
 
Saya memiliki latar belakang pendidikan Fisioterapi Universitas A. Sebagai seorang profesional di bidang penulisan, saya telah memiliki sejumlah pengalaman kerja di bidang yang sama selama kurang lebih 2 tahun.
 
Selama 2 tahun bekerja di perusahaan PT (klub sepak bola) sebagai fisioterapi, saya telah banyak memiliki pengalaman seputar fisioterapi.
 
Sebagai bahan pertimbangan Anda, bersama surat ini saya lampirkan resume dan portofolio. Semoga saya bisa mendapat kabar baik dari Anda untuk melanjutkan ke proses wawancara. Atas waktu dan perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
 
 
Hormat saya,
 
(nama lengkap)
 

(Alamat email dan nomor telepon aktif)
 
Contoh 2
 
Yth. Bapak/Ibu HRD
 
Melalui surat ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan untuk posisi Social Media Specialist di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.  
 
Saat ini, saya sedang bekerja di PT XXX sebagai Social Media Specialist untuk tiga tahun terakhir.
 
Selama bekerja di binga Social Media, saya banyak terlibat pembuatan konten dengan berbagai topik, khususnya olahraga. Saya pun pernah:
 
Membuat konten sosial media yang mendatangkan 50.000 views dalam satu bulan. Sebagai tambahan saya juga pernah mendapat pelatihan konten sosial media.
 
Sebagai bahan pertimbangan Anda, bersama surat ini saya lampirkan resume dan portofolio. Semoga saya bisa mendapat kabar baik dari Anda untuk melanjutkan ke proses wawancara. Atas waktu dan perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
 
 
Hormat saya,
 
(nama lengkap)
 
(Alamat email dan nomor telepon aktif)
contoh 1 melalui email

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
 
(RUL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif