Rektor UNY Sutrisna Wibawa. Zoom
Rektor UNY Sutrisna Wibawa. Zoom

Tiga Konsep Menjalankan Pancasila ala Ki Hadjar Dewantara

Pendidikan pancasila Kualitas Pendidikan
Ilham Pratama Putra • 16 Juli 2020 12:53
Jakarta: Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa menyampaikan pendidikan Pancasila yang berkarakter juga menjadi fokus bapak pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantra. Setidaknya ada tiga konsep pendidikan Pancasila yang dibangun Ki Hadjar Dewantara.
 
"Konsep pendidikan Pancasila ini sudah lama digaungkan Ki Hadjar Dewantara yang dikenal dengan Tringa. Ngerti, ngrasa, nglakoni," kata Sutrisna dalam diskusi daring, Kamis, 16 Juli 2020.
 
Konsep 'ngerti', kata Sutrisna, adalah bagaimana siswa bisa memahami dengan akal apa yang menjadi nilai Pancasila. Siswa harus paham esensi dari lima dasar negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Paham bukan hanya soal kalimat tapi maknanya. Makna berketuhanan, berkemanusiaan, saling tolong begitu ya," lanjut Sutrisna.
 
Sedangkan 'ngrasa' dimaknai sebagai penghayatan nilai Pancasila dengan perasaan. Siswa harus bisa merasakan keberagaman yang ada di Tanah Air untuk tumbuh bersama.
 
Baca:Cermat Memilih Kegiatan untuk Anak di Masa Pandemi
 
"Sedangkan 'nglakoni' itu siswa bisa menjalankan nilai yang ada dengan bersungguh-sungguh. Meski kita mengalami banyak perubahan, nilai-nilai Pancasila harus terus kita jalankan sebagai karakter orang Indonesia," lanjut dia.
 
Secara konteks, kata dia, tiga konsep ini akan berlaku sepanjang masa. Dia tidak ingin kemajuan teknologi mendegradasi karakter Pancasila.
 
"Pendidikan Pancasila dan penguatan karakter ini akan selalu adaptif. Baik konteks global maupun nasional. Siswa boleh berakselerasi, tapi pendidikan Pancasila tidak bisa dipisahkan. Kita harus komitmen dalam menerapkan Pancasila dan menempatkannya sebagai satu urgensi," ucap Sutrisna.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif