Apa itu wawancara kerja?
Wawancara kerja adalah metode yang dilakukan oleh perusahaan untuk menyeleksi calon karyawan. Tujuannya untuk menemukan kecocokan antara karakteristik pelamar dengan persyaratan jabatan.Selain itu, metode ini juga digunakan untuk mengetahui kepribadian pelamar, mendapat informasi informasi tambahan yang diperlukan bagi jabatan dan perusahaan.
Sementara bagi Job Seeker wawancara kerja merupakan kesempatan untuk menjelaskan secara langsung kemampuan, pengalaman serta kecakapan mengatasi masalah pekerjaan.
Perkenalan diri saat wawancara kerja
Sesi wawancara kerja biasanya akan diawali dengan perkenalan diri. Pewawancara akan memberi kamu kesempatan untuk mengenalkan diri dengan maksimal.Sayangnya, seringkali kesempatan ini hanya digunakan pelamar kerja menyampaikan apa adanya. Tentu cara tersebut tidak membuat pewawancara terkesan dengan kamu.
.jpg)
(Ilustrasi wawancara kerja Foto: Pexels)
Lalu apa yang mesti dilakukan? Nah berikut tips memperkenalkan diri saat wawancara kerja seperti dikutip Medcom.id dari Instagram resmi Kementerian Tenaga Kerja @kemnaker.
Tips 3 menit awal memperkenalkan diri saat wawancara kerja
1. Menit pertama
Sebutkan nama serta jurusan kuliah/sekolah yang ditempuh2. Menit kedua
Sampaikan spesifik ringkas atau hal yang dipelajari semasa kuliah3. Menit ketiga
Sebagai penutup dalam perkenalan diri, ceritakan pengalam kerja atau organisasi yang terakhir diikuti.Baca: Jobseeker Wajib Tahu, Ini 3 Jenis Wawancara Kerja
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News