Daftar rangkaian kegiatan Inovasi Indonesia Expo 2020. Zoom
Daftar rangkaian kegiatan Inovasi Indonesia Expo 2020. Zoom

Ragam Kegiatan Inovasi Indonesia Expo 2020

Pendidikan inovasi Riset dan Penelitian Hakteknas 2020
Arga sumantri • 09 November 2020 17:37
Jakarta: Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) akan mengadakan Inovasi Indonesia Expo (I2E) 2020 mulai 10-13 November 2020. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2020.
 
Situasi pandemi membuat pameran inovasi tahunan itu akan digelar secara virtual. Kegiatan bakal memamerkan berbagai hasil riset dan inovasi terbaru Indonesia kepada masyarakat luas dan pemangku kepentingan terkait.
 
"Di sini kita bisa lihat bagaimana perkembangan riset dan inovasi di Indonesia," kata Sekretaris Kemenristek/BRIN Mego Pinandito dalam konferensi pers virtual, Senin, 9 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada tahun-tahun sebelumnya, pameran ini digelar secara offline dan berlangsung di sejumlah daerah. Ketika itu, kegiatan dikenal dengan nama Ritech Expo.
 
Pameran ini akan menampilkan berbagai berbagai produk inovasi hasil karya anak bangsa. Termasuk, menonjolkan berbagai produk inovasi terkait penanganan covid-19 di Indonesia seperti masker dan ventilator.
 
Baca: Besok, Jokowi Dijadwalkan Buka Inovasi Indonesia Expo 2020
 
Pembukaan Inovasi Indonesia Expo bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan di Indonesia yang jatuh pada 10 November. Sebanyak 10 lembaga pemerintah non kementerian dan unit utama Kementerian Riset dan Teknologi, 21 perguruan tinggi, lima badan penelitian dan pengembangan, 10 industri/badan usaha milik negara, 17 startups atau perusahaan pemula berbasis teknologi, dan lima mitra internasional akan terlibat dalam pameran itu.
 
Pameran itu juga akan diikuti 71 peserta pameran, dan akan diisi dengan 76 kegiatan virtual. Ada demo produk, seminar, pameran, temu bisnis, klinik konsultasi, hingga lomba-lomba.
 
Kegiatan klinik konsultasi sengaja digelar untuk memberikan pemahaman lebih luas dan penyegaran informasi bagi para pengunjung. Klinik konsultasi ini menyajikan layanan konsultasi dan perizinan dari empat Lembaga.
 
Ada Badan Standarisasi Nasional (BSN) untuk layanan konsultasi dan perizinan Standard Nasional Indonesia (SNI). Kemudian, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) untuk layanan konsultasi dan perizinan Instrumen Radioaktif, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk layanan konsultasi dan perizinan obat dan Makanan, serta Ditjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham untuk layanan konsultasi dan perizinan Kekayaan Intelektual.

 
Acara lain yang tersedia yaitu lomba-lomba. Ada lomba desain masker, Tiktok challenge, dan Instagram challenge.
 
Kegiatan ini diharapkan masyarakat Indonesia dan pemangku kepentingan lain bisa lebih mengenal dan memanfaatkan hasil riset dan inovasi karya anak bangsa untuk menjawab kebutuhan dan memecahkan berbagai permasalahan.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif