Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Telkom University Ciptakan Aplikasi Petakan Korona

Pendidikan Virus Korona beasiswa osc Riset dan Penelitian
Arga sumantri • 15 April 2020 15:07
Jakarta: Kelompok KeahlianApplied Information SystemFakultas Ilmu Terapan Telkom University menciptakan aplikasi yang dapat memantau penyebaran virus korona (covid-19).Aplikasi termuat dalam lamanhttps://ais-rg.com/.
 
Ketua Kelompok KeahlianApplied Information SystemsDedy Rahman Wijaya mengatakan aplikasi ini akan menghimpun data tren peningkatan jumlah pasien positif, sembuh, dan meninggal dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Sedangkan, data sebaran korona di dunia dihimpun dariJhons Hopkins University(JHU)Center for System Science and Engineering(CSSE).
 
"Aplikasi yang kami kembangkan tidak hanya menampilkan jumlah kasus, tetapi juga menganalisis data secaraonlinemenggunakan algoritma kecerdasan buatan untuk menentukan analisis laju pertumbuhan, status area/wilayah," kata Dedy melalui siaran pers, Rabu, 15 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Unpad Buka Layanan Konseling Daring
 
Ia menyampaikan data itu juga dihimpun secara berkala dan diolah menggunakan beberapa metode. Misalnya, metode untuk mengukur laju penularan, kesembuhan dan kematian, menggunakan gardient kurva linier. Sedangkan, untuk menganalisa korelasi menggunakan koefisiensi Kendall.
 
"Lalu yang terakhir menghitung nilaicase fatality rate(CFR) untuk pemeringkatan seluruh negara secarareal time," ujar Dedy.
 
Telkom University Ciptakan Aplikasi Petakan Korona
 
Dedy menambahkan aplikasi tersebut dapat mengolah data yang diformat ke dalam grafik. Selain itu, aplikasi juga dapat memetakan persebaran covid-19 dalam bentuk peta interaktif.
 
"Sistem yang kami bangun juga menyediakan aksesdownloaddata set, di mana data ini dapat diakses dengan mudah dan dapat digunakan oleh para peneliti untuk penelitian tentang covid-19," ujarnya.
 
Dedy berharap langkah ini jadi bentuk kontribusi para peneliti di Indonesia untuk bersama-sama mencegah penyebaran covid-19 di seluruh dunia.
?
"Kami berharap aplikasi ini dapat bermanfaat untuk masyarakat umum serta para peneliti lain yang akan meneliti lebih lanjut tentang persebaran covid-19 yang terjadi hampir di seluruh dunia," jelasnya.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif