Kampus Universitas Andalas (Unand). Foto: Dok Unand.
Kampus Universitas Andalas (Unand). Foto: Dok Unand.

Unand Terapkan Teknologi Pintar Pertanian pada Usaha Hidroponik

Pendidikan inovasi Riset dan Penelitian Universitas Andalas
Antara • 09 November 2021 20:57
Padang: Tim Pengabdian Masyarakat Teknik Elektro Universitas Andalas (Unand) Padang memberikan dukungan penerapan teknologi pintar pertanian pada usaha hidroponik. Hal ini sebagai bentuk pengabdian masyarakat.
 
"Teknologi pintar yang diterapkan adalah penggunaan tenaga surya sebagai sumber energi dalam mengairi hidroponik," kata Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Teknik Elektro Unand Zaini di Padang, Selasa, 9 November 2021.
 
Teknologi tersebut diterapkan pada usaha Alfi Hidroponik yang beralamat di Jalan Shinta Ros Nomor K9, Kampung Olo, Kecamatan Nanggalo, Padang. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya usaha hidroponik memiliki kebutuhan tinggi terhadap ketersediaan energi listrik dikarenakan sistem pengairan menggunakan motor listrik. Makanya, butuh energi cadangan jika terjadi pemadaman listrik oleh sumber listrik utama.
 
"Kami mengimplementasikan smart farming pada usaha hidroponik Alfi dengan mengembangkan penggunaan sel surya sebagai sumber energi listrik alternatif," ujarnya.
 
Selain itu, dikembangkan juga sistem monitoring kebutuhan daya dan sistem penyiraman cocopeat otomatis, untuk meningkatkan hasil kebun hidroponik.
 
Baca: Mahasiswa UGM Kembangkan Larva Lalat Ijo dan Mata Ikan Jadi Pakan Alternatif
 
Ketua Jurusan Teknik Elektro Unand Muhammad Ilhamdi Rusydi menyampaikan, selain melaksanakan pendidikan dan penelitian di kampus, pihaknya juga melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi salah satu kewajiban insan pendidik
 
"Jurusan Teknik Elektro Unand juga berperan aktif menerapkan keilmuan untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat, salah satunya lewat teknologi pertanian pintar ini yang dilaksanakan Kelompok Bidang Keahlian Kendali," kata dia.
 
Ia menyampaikan saat ini Teknik Elektro Unand memiliki lima kelompok bidang keahlian, yaitu Tegangan Tinggi, Sistem Tenaga, Sistem Distribusi, Telekomunikasi dan Kendali.
 
Sementara pemilik usaha hidroponik Alfi menyampaikan terima kasih dan merasakan manfaat dari penerapan teknologi pintar pertanian ini. Ia berharap adanya keberlanjutan program dengan implementasi sistem monitoring kondisi lingkungan dan kualitas air.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif