Mendikbud, Muhadjir Effendy saat sidak USBN di SD Muhammadiyah 5 Jakarta, Medcom.id/Intan Yunelia.
Mendikbud, Muhadjir Effendy saat sidak USBN di SD Muhammadiyah 5 Jakarta, Medcom.id/Intan Yunelia.

Soal USBN SD Juga Terapkan HOTS

Pendidikan USBN SD
Intan Yunelia • 22 April 2019 13:54
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengapresiasi soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2019 di semua jenjang pendidikan kini mulai menerapkan standar Higher Order Thinking Skill (HOTS). Soal-soal yang lebih banyak menuntut penalaran cara berpikir siswa.
 
"Kebetulan anak saya juga ikut sekolah berstandar nasional ini. Tadi malam saya cek soal yang dipakai latihan, saya senang karena sudah mulai dikenalkan pada soal penalaran tinggi atau HOTS di tingkat SD," kata Muhadjir usai sidak di SD Muhammadiyah 5, Jalan Limau III, Kramat Pela, Jakarta Selatan, Senin 22 April 2019.
 
Menurut Muhadjir, jenis soal ini seperti ini upaya progresif menuju pendidikan Indonesia yang jauh lebih baik. Soal HOTS, kata Muhadjir, mendorong siswa berpikir rasional, sehingga tidak hanya sekadar menghapal, dan menjawab.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun diakuinya masih butuh penyesuaian di beberapa sekolah. "Saya lihat model soalnya sudah penuh dengan penalaran yang baik, mudah-mudahan ini langkah yang panjang, akan kita lakukan untuk membawa siswa kita menyongsong era Indonesia yang lebih maju," ujar mantan rektor Muhammadiyah Malang (UMM) ini.
 
Baca:Pagi-pagi Mendikbud Sidak Sekolah Putranya
 
Muhadjir juga mengatakan akan melakukan pengecekan ke sekolah-sekolah yang berada di daerah, terutama daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Ia akan mengambil sampel di sekolah tersebut untuk melihat sekolah mana saja yang masih belum terpenuhi USBN-nya.
 
"Saya akan turun setelah ini ke Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mengambil sampel sekolah yang kita asumsikan sarana prasana dan mekanisme USBN dan ujian nasional SMP yang masih belum memenuhi standar nanti kita jadikan bahan untuk dijadikan intervensi baik level pusat maupun daerah,"tuturnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif