Rektor Universitas Padjadjaran Rina Indiastuti bersama Dekan FPIK Yudi Nurul Ihsan meninjau pameran produk inovasi perikanan dan kelautan. DOK Unpad.
Rektor Universitas Padjadjaran Rina Indiastuti bersama Dekan FPIK Yudi Nurul Ihsan meninjau pameran produk inovasi perikanan dan kelautan. DOK Unpad.

FPIK Unpad Terus Upayakan 'Masterfish' Bisa Diekspor

Renatha Swasty • 08 Juli 2022 11:45
Jakarta: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Padjadjaran (Unpad) membuat tiga program prioritas. Pembuatan program prioritas bertepatan dengan Dies Natalis ke-17 FPIK pada Kamis, 7 Juli 2022.
 
Dekan FPIK Unpad Yudi Nurul Ihsan memaparkan program prioritas pertama, penguatan hilirisasi riset. Saat ini, FPIK Unpad telah memiliki unit bisnis unggulan bernama Masterfish atau produk olahan ikan beku karya mahasiswa dan alumni.
 
Masterfish didorong menjadi produk hilirisasi bernilai tinggi dan memiliki daya saing. Yudi mengungkapkan FPIK Unpad telah mendapat bantuan dari Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI untuk pembangunan gudang beku ikan (cold storage) berkapasitas 10 ton.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kita ingin orientasi produknya ke skala ekspor. Alhamdulillah, kita dapat bantuan cold storage,” kata Yudi dikutip dari laman unpad.ac.id, Jumat, 8 Juli 2022.
 
Yudi menjelaskan acara puncak Dies Natalis tersebut juga menjadi momentum awal pembangunan cold storage yang berlokasi di kompleks kampus FPIK di Jatinangor. Pihaknya juga membangun fasilitas kafetaria bertajuk Cafe Ikan yang rencananya akan memasarkan berbagai produk olahan ikan hasil hilirisasi riset dan UMKM binaan FPIK.
 
Kemudian, program prioritas kedua, penguatan internasional. Salah satu upaya ialah penandatanganan Nota Kesepahaman antara Unpad dengan Universiti Malaysia Sabah (UMS).
 
Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani langsung Rektor Unpad Rina Indiastuti dan Deputy Vice Chancellor UMS Radid Mail di kampus FPIK, Jatinangor. Unpad juga menandatangani perjanjian kerja sama oleh Dekan FPIK Unpad dan Direktur Borneo Marine Research Institute UMS Sitti Raehanah.
 
Yudi menjelaskan kerja sama untuk membuka program Gelar Ganda atau Double Degree pada program Magister Konservasi Laut dan Magister Ilmu Perikanan Unpad dengan Program Master Bioteknologi dan Ilmu Kelautan di UMS.
 
“Ini program Double Degree pertama di FPIK Unpad. Rencananya, Agustus tahun ini program sudah akan berjalan,” kata Yudi.
 
Melalui program ini, mahasiswa dapat memperoleh gelar ganda dari Unpad dan UMS. Mahasiswa juga akan mengikuti perkuliahan selama satu semester di masing-masing perguruan tinggi.
 
Selain itu, kerja sama juga akan berfokus pada aktivitas pertukaran keilmuan, pertukaran dosen dan guru besar, riset bersama, hingga penyelenggaraan kegiatan bersama.
 
“UMS memiliki kesamaan visi, rumpun, dan lembaga yang mirip dengan Unpad, sehingga mudah melakukan penyesuaian kurikulum, capaian pembelajaran, dan program-program akademik lainnya,” papar dia.
 
FPIK Unpad juga bersiap memperoleh rekognisi internasional. Tahun ini, kata Yudi, lima prodi di FPIK bersiap menjalani proses visitasi akreditasi internasional oleh lembaga akreditasi ASIIN.
 
Selain itu, Prodi Ilmu Kelautan juga tengah mengajukan proses akreditasi internasional dari lembaga Imarest. Lalu, program unggulan ketiga, peningkatan inovasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak terkait untuk penyelesaian masalah di sektor perikanan dan kelautan.
 
Rektor Unpad Rina mengapresiasi kerja sama Double Degree dengan UMS. Program ini diharapkan dapat berkontribusi dalam peningkatan pengelolaan perikanan di kedua negara.
 
“Mudah-mudahan makin banyak yang ikut program ini, potensi kemaritiman kita dan upaya konservasinya dapat dikelola dengan baik,” kata Rina.
 
Acara puncak Dies Natalis ke-17 FPIK Unpad juga diisi orasi ilmiah oleh Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Artati Widiarti dan dosen di Borneo Marine Research Institute UMS Rafidah Binti Othman. Adapula pameran gelar produk inovasi perikanan.
 
Baca juga: Unpad Jalin Kerja Sama Strategis dengan WIR Group Kembangkan Eduverse

 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif