Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbudristek, Abdul Kahar. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbudristek, Abdul Kahar. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Tenang, Semua Siswa Bisa Kuliah dengan KIP Kuliah Merdeka, Termasuk di PTS

Renatha Swasty • 25 Maret 2022 11:35
 Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mentransformasi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) menjadi KIP Kuliah Merdeka pada 2021. Hal itu sebagai bentuk jaminan pembiayaan pendidikan dan bantuan biaya hidup yang diberikan kepada siswa dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
 
Tahun ini, Kemendikbudristek kembali membuka pendaftaran program KIP Kuliah Merdeka. Pendaftaran bagi semua siswa yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS).  
 
“Bagi yang berminat kuliah tahun ini dan memenuhi kriteria penerima KIP Kuliah, mohon jangan ragu daftar KIP Kuliah Merdeka. Insyaallah semua bisa kuliah," kata Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek Abdul Kahar dalam keterangan tertulis, Jumat, 25 Maret 2022.
 
Kahar menerangkan siswa yang tidak lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) diminta memilih seleksi mandiri atau lainnya. Siswa juga bisa memilih PTS.
 
Dia menuturkan untuk mendapatkan KIP Kuliah Merdeka calon mahasiswa baru cukup membuat satu akun untuk semua seleksi masuk perguruan tinggi. Mulai dari SNPMTN hingga jalur Seleksi Mandiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Satu kali saja membuat akun, bisa digunakan sepanjang tahun selama masih pendaftaran dan untuk seluruh jalur masuk perguruan tinggi baik itu PTN maupun PTS,” ucap dia.   
 
Kahar mengatakan bagi siswa yang sudah memiliki akun dari tahun sebelumnya tidak perlu membuat akun kembali. “Bahkan, tahun sebelumnya pun, akun yang sama masih bisa digunakan. Tinggal memperbaiki atau mengupdate akun pendaftaran yang baru,” ujar dia.  
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif