Mendikbudristek Nadiem Makarim. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.
Mendikbudristek Nadiem Makarim. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.

Program KKN Tematik Wirausaha Jangkau 3.100 Desa

Ilham Pratama Putra • 05 Oktober 2021 13:25
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggandeng beberapa pihak untuk menjalankan Kuliah Kerja Nyata Tematik Wirausaha (KKN TKWU). Program ini disebut sudah berjalan di 3.100 desa.
 
"Saat ini sudah ada 3.100 desa di 146 kabupaten yang menjadi kawasan pelaksanaan KKN TKWU," ujar Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam Konferensi Nasional: Sebuah Inisiatif Ketenagakerjaan dan Kewirausahaan yang Inklusif, Selasa, 5 Oktober 2021.
 
Nadiem menjelaskan KKN TKWU ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan potensi daerah. Karena sifatnya tematik, Nadiem menjamin program ini berbeda dengan program KKN biasanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"KKN tematik dirancang lebih terstruktur dan fokus," sebut dia.
 
Baca: Kampus Merdeka Jadi Alat Mitigasi Hilangnya Berbagai Jenis Pekerjaan
 
Mahasiswa yang mengikuti KKN TKWU juga bisa mengembangkan keterampilan enterpreneur. Hal itu dipercaya mampu membekali mahasiswa untuk menghadapi tantangan di masa depan.
 
"Sejak kami luncurkan tahun lalu KKN TKWU telah berkontribusi pada pembangunan kketenagakerjaan dan kewirausahaan yang inklusif di berbagai daerah," sebut Nadiem.
 
Pada kesempatan yang sama, Pelaksana tugas Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Nizam menyebut program ini menjadi kunci transformasi pendidikan. Program tersebut dipercaya mampu mengembangkan potensi diri mahasiswa.
 
"Dengan program ini semakin banyak perguruan tinggi yang bertransformasi menuju pembelajaran yang lebih memerdekakan potensi dan semangat wirausaha mahasiswa," tutur Nizam.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif