Ketua Program Studi Digital Content Broadcasting Tel-U, tim dosen, serta sebanyak 51 mahasiswa mengunjungi kantor Media Gorup di Kedoya, Jakarta Barat. Kunjungan industri tersebut berisi kuliah umum dan office tour.
“Kunjungan industri ini sebenarnya tidak terlalu baru karena Tel-U merupakan kampus yang termasuk ke dalam skema kemitraan dengan industri. Oleh karena itu, kami selalu berupaya untuk mendekatkan mahasiswa dengan industri. Salah satu caranya dengan kuliah umum dan kunjungan industri,” kata Ketua Program Studi Digital Content Broadcasting Tel-U, Reni Nuraeni,
di kantor Media Group, Kedoya, Jakarta Barat, Kamis, 18 Desember 2025.
Dia berharap kunjungan ini menjadi jembatan agar mahasiswa mendapatkan pengetahuan baru di industri media. Sehingga, mahasiswa dapat memahami hal-hal yang dibutuhkan industri, perkembangannya, dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki agar lebih siap menghadapi industri media.
“Media massa kan cepat ya perubahannya, jadi mahasiswa sudah tahu update-update atau informasi terbaru karena informasi dari dosen terbatas dari teori atau implementasi di industri,” ujar dia.

Mahasiswa Program Studi Digital Content Broadcasting Tel-U kunjungan ke Media Group. DOK Medcom.id/Talitha Islamey
Tel-U juga berencana menjalin kolaborasi dengan Media Gorup untuk mendatangkan narasumber dalam kuliah umum serta program magang bagi mahasiswa. Reni berharap kolaborasi ini dapat membantu mahasiswa semakin dekat dengan industri media.
Dia menyebut rencana kuliah umum dan magang akan dilaksanakan mulai di semester depan. Sementara itu, terkait mata kuliah untuk kuliah umum akan disesuaikan oleh pihak Tel-U.
“Kami harus mendekatkan mahasiswa dengan industri, jadi kami juga bantu mahasiswa. Namun, untuk saat ini, program studi membukakan jalannya dulu,” ujar dia.
Mahasiswa Prodi Digital Content Broadcasting Telkom University, Rizki Khalim, mengaku merasa terbantu dengan kunjungan industri ini. Dia jadi lebih tahu cara kerja industri media.
“Ternyata dunia TV tuh enggak segampang yang tayang di TV. Ternyata ada beberapa yang kerja keras di balik layar dan itu tuh enggak cuma beberapa jam. Bahkan, ada yang sampai 24 jam,” tutur dia.
Mahasiswa Tel-U dengan antusias tertarik terjun ke industri media. Mereka berharap ada kesempatan bergabung dengan Media Group. Mereka juga berharap teman sejawat dapat termotivasi mengikuti program ini. (Talitha Islamey)
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News