NEWSTICKER
Kepala Badan BP SDM Politeknik Kemenkes Abdul Kadir di Jakarta (13/2.  Foto: Medcom.id/ Muhammad Syahrul Ramadhan
Kepala Badan BP SDM Politeknik Kemenkes Abdul Kadir di Jakarta (13/2. Foto: Medcom.id/ Muhammad Syahrul Ramadhan

Pendaftaran Mahasiswa Baru Poltekkes Dibuka Besok

Pendidikan Pendidikan Tinggi Penerimaan Mahasiswa Baru
Muhammad Syahrul Ramadhan • 13 Februari 2020 20:12
Jakarta: Pendaftaran mahasiswa baru Politeknik Kementerian Kesehatan (Poltekkes) akan dibuka besok, Jumat, 14 Februari 2020. Informasi terkait pendaftaran tersebut dapat diakses melalui laman simama-poltekkes.kemkes.go.id.
 
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan standarisasi seleksi calon mahasiswa baru Politeknik Kesehatan. Dengan standarisasi tersebut, calon mahasiswa di 38 Poltekkes yang dimiliki Kemenkes diharapkan dapat memiliki standar kualitas yang tinggi dan terstandar.
 
Bukan tanpa sebab, selama ini masing-masing Poltekkes menyelenggarakan seleksi calon mahasiswa baru (Sipenamaru) secara sendiri-sendiri. Alhasil, standar dan syaratnya pun berbeda-beda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Badan BP SDM Politeknik Kemenkes, Abdul Kadir mengatakan, sistem seleksi yang tidak terstandar ini akhirnya mengakibatkan kesenjangan kualitas antarpoltekkes. Sehingga mulai tahun ini pihaknya akan menyamakan standar seleksi calon mahasiswa Poltekkes, melalui laman 'Si Ma Ma'.
 
"Karena itu kita ambil inisiatif standarisasi sipenmaru dan kita menerapkan standar nasional. Melalui seleksi mahasiswa baru 'Si Ma Ma' ini diharapkan kualitas makin bagus," kata Kadir dalam konferensi pers di Gedung Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 13 Februari 2020.
 
Kadir mengatakan, dengan portal pendaftaran teranyar ini proses pendaftaran hingga seleksi juga menjadi lebih mudah, karena bisa diakses kapan dan di mana saja.
 
Bahkan juga sudah terintegrasi dengan 38 Poltekkes se-Indonesia, lengkap dengan program studinya. Sehingga bagi peserta di daerah yang ingin mendaftar ke Poltekkes di luar domisili tempat tinggalnya tidak lagi repot, karena pendaftaran hingga tes dapat dilakukan tanpa harus datang ke Poltekkes tujuan.
 
"Misalnya orang Papua ingin daftar Poltekkes di Jakarta, itu bisa mengikuti tes dengan pendaftaran secara online demi memudahkan calon mahasiswa kita dalam memilih Poltekkes mana yang diinginkan," jelasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif