Ketua Yayasan Guru Belajar Bukik Setiawan meminta transformasi kurikulum dilaksanakan bertahap.
Ketua Yayasan Guru Belajar Bukik Setiawan meminta transformasi kurikulum dilaksanakan bertahap.

Selamat Pagi Indonesia

Kurikulum Baru Beri Ruang Kreativitas Guru

Pendidikan kurikulum 2013 Pendidikan Vokasi Kurikulum Pendidikan Program Pendidikan Vokasi SMK Selamat Pagi Indonesia Kurikulum
MetroTV • 23 Desember 2021 13:22
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tengah mempersiapkan kurikulum prototipe untuk diterapkan pada 2022. Ketua Yayasan Guru Belajar Bukik Setiawan menilai kurikulum ini menguntungkan guru.
 
"Guru di daerah itu berkreasi dengan pembelajaran dengan konteks lokal selama pandemi. Sayangnya, di kurikulum lama itu malah dianggap melanggar. Harapannya di kurikulum baru ini bisa mendukung kreativitas guru," tuai Bukik dalam Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Kamis, 23 Desember 2021.
 
Kurikulum tersebut berpatokan pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Budaya Kerja (P5BK) dan peningkatkan minat bakat. Hal ini berbeda jauh dengan kurikulum sebelumnya yang menitikberatkan pada nilai dalam bentuk angka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lingkungan masyarakat mendikte guru dan sekolah berlomba-lomba mengejar nilai angka. Yang mana tidak relevan dengan kompetensi, bakat minat, dan kebutuhan murid. Kalau ini tidak sejalan, maka tidak akan terjadi hasil yang baik," ujar Bukik. 
 
Ia memastikan 30 persen guru Indonesia sudah memiliki kapasitas untuk beradaptasi dengan kurikulum di sekolahnya. Namun, sisanya masih memerlukan bantuan panduan tekstual. (Mentari Puspadini)
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif