Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto. Foto: Medcom/Ilham Pratama Putra.
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto. Foto: Medcom/Ilham Pratama Putra.

Kurikulum Baru SMK Utamakan Perkuat Softskills

Pendidikan kurikulum 2013 Pendidikan Vokasi Kurikulum Pendidikan Program Pendidikan Vokasi SMK Kurikulum
Ilham Pratama Putra • 20 Desember 2021 14:52
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tengah mempersiapkan prototipe kurikulum baru untuk diterapkan pada 2022. Kurikulum tersebut juga bakal diterapkan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
 
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto mengucapkan, jika kurikulum baru tersebut tak hanya melakukan penguatan hardskills pada pelajar SMK. Melainkan, lebih diutamakan pembentukan softskills.
 
"Artinya softskills kita melihatnya menjadi wadah yang sangat penting," kata Wikan dalam Festival Sekolah Menyenangkan, Senin 20 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kurikulum Baru untuk SMK Bakal Diterapkan 2022
 
Selain itu, kata dia, kurikulum baru untuk SMK ini juga menekankan pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja (P5BK). Menurut Wikan, P5BK sudah berjalan lewat program yang dijalankan organisasi Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) yang masuk ke sekolah-sekolah.
 
"Jadi kurikulum baru akan meningkatkan profil Pelajar Pancasila hingga mendorong project based learning sampai tiga semester," lanjutnya.
 
Ia berharap kurikulum baru ini dapat membebaskan guru dan kepala sekolah untuk memerdekakan anak-anak belajar. "Dan ini akan lebih memanusiakan, memartabatkan siswa menjadi yang terbaik," tuturnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif