Presiden Joko Widodo dalam Dies Natalis ke-65 Universitas Andalas. Foto: Medcom/Ilham Pratama Putra.
Presiden Joko Widodo dalam Dies Natalis ke-65 Universitas Andalas. Foto: Medcom/Ilham Pratama Putra.

Dies Natalis ke-65 Unand

Jokowi Ajak Unand Ambil Peran Hadapi Era Disrupsi

Pendidikan Jokowi Pendidikan Tinggi Universitas Andalas Perguruan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 13 September 2021 12:02
Jakarta: Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo menyatakan saat ini negara tengah dihadapkan dengan berbagai disrupsi. Ia pun meminta Universitas Andalas (Unand) mampu mengambil peran merespons disrupsi tersebut.
 
"Dengan menjadikan Universitas Andalas sebagai penggerak kolaborasi menuju Indonesia maju," kata Jokowi dalam Lustrum XIII, Dies Natalis Ke-65 dan Peluncuran PTNBH Tahun 2021 Unand, Senin 13 September 2021.
 
Jokowi mengatakan dalam menghadapi tantangan disrupsi, Unand harus terus mengembangkan ekosistem pembelajaran yang adaptif dan inovatif. Unand juga harus memperkuat riset dan inovasi secara berkelanjutan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Serta ikut berkontribusi memberikan solusi dalam memecahkan persoalan bangsa," lanjutnya.
 
Baca: Jokowi Harap Unand Jadi Pusat Pengembangan SDM Unggul
 
Menurut Jokowi, proses menghadapi era disrupsi memang sangat menantang. Makanya, jejaring dan kolaborasi sangat dibutuhkan. Ia mengatakan, kerja sama dengan organisasi juga harus didorong. Termasuk, kolaborasi dengan pelaku industri.
 
"Kolaborasi dengan para praktisi termasuk pelaku industri harus terus digalang, dalam berbagai bentuk program mulai dari mentoring mahasiswa, magang mahasiswa ke dunia industri, sampai dengan memperbanyak tenant-tenant industri di dalam kampus," tutur dia.
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengingatkan Unand agar tak melupakan karakter kebangsaan dalam bergerak maju. Unand juga diharapkan mampu memperkuat lingkungan kampus sebagai benteng persatuan.
 
"Memperkuat kampus sebagai benteng persatuan, rumah bersama untuk memperkuat kesadaran tentang kebhinekaan, berperan sebagai penjaga persatuan dan kesatuan bangsa," lanjut dia.
 
Baca: Sah! Universitas Andalas Jadi PTN-BH ke-13 di Indonesia
 
Jokowi meyakini dengan modal tersebut Unand akan tumbuh sebagai perguruan tinggi terbaik. Ia juga meyakini Unand bisa menjadi sumbu penggerak kolaborasi untuk mencerdasakan kehidupan bangsa untuk mewujudkan kemajuan masyarakat bangsa dan negara.
 
Jokowi mengatakan, Unand merupakan perguruan tinggi pertama yang didirikan di pulau Sumatra. Unand didirikan dengan visi yang sangat maju. Yakni mengupayakan kecerdasan bangsa dalam arti yang sangat luas.
 
"Dalam berbagai ilmu pengetahuan untuk mewujukan kejayaan bangsa, dengan pondasi yang kuat dengan visi yang maju, Universitas Andalas harus mampu melompat lebih tinggi," tutur dia.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif