Museum Satriamandala. Foto: Ditjen SMP
Museum Satriamandala. Foto: Ditjen SMP

Peringati HUT TNI dengan Wisata Edukasi ke Museum Satriamandala, Yuk!

Citra Larasati • 05 Oktober 2022 14:21
Jakarta:  Tanggal 5 Oktober di setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI).  Banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk memperingati HUT TNI ini Sobat Medcom, salah satunya adalah dengan mengunjungi museum edukasi sejarah TNI di Tanah Air, yap Museum Satriamandala.
 
Museum Satriamandala terletak di Jalan Gatot Subroto No. 14 Jakarta Selatan. Gedung museum ini sebelumnya dikenal sebagai Wisma Yaso, yakni tempat kediaman Ratna Sari Dewi Soekarno dan tempat Bung Karno disemayamkan sebelum dimakamkan di Blitar Jawa Timur.
 
Dilansir dari laman Ditjen SMP, Museum Satriamandala menyimpan berbagai benda sejarah yang berkaitan dengan perjuangan TNI dari tahun 1945 sampai sekarang. Di museum ini terdapat 74 diorama yang menggambarkan peranan TNI dalam rangka membela dan mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masih dalam kompleks Museum Satriamandala terdapat gedung Waspada Purbawisesa yang menyajikan diorama yang menggambarkan perjuangan TNI bersama sama rakyat menumpas gerombolan separatis DI/TII di Jawa Barat, Jawa Tengah, Aceh, Kalimantan Selatan dan Sulawesi pada tahun 1960-an. Selain diorama dipamerkan pula dokumen, peta operasi serta benda-benda relik lainnya.
 
Adapun koleksi yang terdapat di Museum Satriamandala antara lain. Senjata berat dan ringan, atribut ketentaraan panji-panji serta lambanglambang di lingkungan TNI, kendaraan perang seperti tank dan panser, pelbagai jenis pesawat terbang, salah satu pesawat terbang di antaranya adalah pesawat Curen yang yang pernah diterbangkan oleh Agustinus Adisucipto serta tandu yang dipergunakan oleh Jenderal Sudirman saat bergerilya melawan penjajah.
 
Nah di momentum HUT TNI ini, Sobat Medcom dapat melakukan wisata edukasi ke Museum Satriamandala untuk menambah referensi dan juga pengetahuan seputar sejarah TNI. Dengan berwisata ke Museum Satriamandala, diharapkan Sobat Medcom dapat mewarisi nilai-nilai juang 1945 dan juga nilai-nilai luhur secara utuh. Selamat Hari Ulang Tahun TNI!
Baca juga: Simak Sejarah Berdirinya Museum Perumusan Naskah Proklamasi

 
(CEU)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif