Mendikbudristek Nadiem Makarim. DOK BKHM
Mendikbudristek Nadiem Makarim. DOK BKHM

LPDP Siapkan Rp7 Triliun untuk Dana Abadi Perguruan Tinggi

Ilham Pratama Putra • 27 Juni 2022 14:21
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menyiapkan Dana Abadi Perguruan Tinggi mencapai Rp7 triliun. Adapun bunga dari dana itu akan disalurkan pada perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH) yang berhasil menggalang dana dari masyarakat.
 
"LPDP sudah menyiapkan dana abadi sebesar Rp7 triliun yang akan disalurkan kepada PTNBH yang berhasil menggalang dana dari masyarakat," ujar Mendikbudristek, Nadiem Makarim, dalam peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-21: Dana Abadi Perguruan Tinggi secara daring Senin, 27 Juni 2022.
 
Nadiem menjelaskan bunga dari dana abadi tersebut setiap tahun akan disalurkan ke PTNBH yang berhasil meningkatkan dana abadi masing-masing. Dia menyebut pihaknya ingin mendorong perguruan-perguruan tinggi tersebut membuat dana abadi sendiri sebagaimana yang dilakukan universitas kelas dunia di negara-negara lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk meningkatkan pendapatan di luar bantuan pemerintah. Kontribusi alumni, kontribusi swasta dari korporasi, dan lain-lain. Memastikan pengelolaan atau investasi dana yang lebih baik di masing-masing kampus. Jadi, sudah waktunya kita menjadi lebih mature, waktunya kita menjadi lembaga yang jauh lebih merdeka dan juga otonom," tutur Nadiem.
 
Dia menyampaikan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia harus meningkat agar dapat menghadapi tantangan di tingkat nasional dan lokal. Nadiem mengatakan investasi dalam dunia pendidikan tinggi memiliki potensi dampak terbesar dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul. 
 
"Oleh sebab itu, pendanaan pendidikan tinggi di Indonesia masih perlu ditingkatkan agar kampus-kampus kita bisa bersaing di tingkat dunia," tutur Nadiem.
 
Baca juga: Dana Abadi Pendidikan Bakal Dorong Perguruan Tinggi Indonesia Jadi World Class University

 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif