Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi
Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi

SNMPTN/SBMPTN 2020

Jadwal Terbaru UTBK dan SBMPTN, Pendaftaran Dibuka 2 Juni

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi SNMPTN/SBMPTN 2020
Ilham Pratama Putra • 06 April 2020 17:54
Jakarta: Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akhirnya mengumumkan jadwal terbaru pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Sempat ditunda, pendaftaran akhirnya diputuskan untuk dilaksanakan pada 2 Juni 2020.
 
"Pendaftaran UTBK dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang sedianya dimulai pada tanggal 30 Maret 2020, akhirnya dilaksanakan pada 2 Juni hingga 20 Juni 2020," kata ketua LTMPT, Mohammad Nasih lewat Surat Edaran yang diterimaMedcom.id, Senin, 6 April 2020.
 
Baca juga:Rektor UNY Bocorkan Skenario UTBK di Tengah Korona

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan di jadwal UTBK terbaru, pelaksanaan yang sedianya digelar mulai 20 April 2020 diundur menjadi tanggal 5-12 Juli 2020. Keputusan tentang penundaan jadwal pendaftaran dan pelaksanaan UTBK diambil atas kondisi nasional yang tengah menghadapi wabah virus korona atau coronavirus disease 2019 (covid-19).
 
Lebih lanjut, pengumuman SBMPTN sendiri nantinya akan dilakukan pada 25 Juli 2020. Surat Edaran dengan nomor 11/SE.LTMPT/2020 ditujukan untuk Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dan Rektor Perguruan Tinggi Negeri hingga siswa para siswa SMA, MA dan SMK.
 
Dalam surat edarannya Nasih juga menyebut materi tes UTBK merupakan Tes Potensi Skolastik (TPS). Setiap peserta hanya diijinkan mengambil tes sebanyak satu kali.
 
"Pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali atau bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan Program Studi Tujuan," jelas Nasih.
 
Baca juga:2020, Peserta Boleh Dua Kali Ikut UTBK
 
Peserta Pemilik Nomor Pendaftaran KIP Kuliah tidak dikenakan biaya pendaftaran untuk mengikuti UTBK. Sementara untuk peserta nonKIP Kuliah yang akan mengikuti UTBK, dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp200 ribu (untuk Kelompok Ujian Saintek atau Soshum) dan Rp300 ribu (untuk Kelompok Ujian Campuran).
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif