Kompetisi Matematika Online EMC 2020. Foto: Zoom
Kompetisi Matematika Online EMC 2020. Foto: Zoom

Eduversal Mathematics Competition 2020

Kompetisi Matematika Online Kembali Digelar, Pendaftaran Dibuka Hari Ini

Pendidikan Prestasi Pelajar Olimpiade Matematika
Citra Larasati • 18 Agustus 2020 13:24
Jakarta: PT Edukasi Universal Indonesia (Eduversal) kembali menggelarEduversal Mathematics Competition (EMC) di tahun ini. Pendaftaran kompetisi matematikanonlineberskala nasional ini dibuka mulai Selasa, 18 Agustus hingga 10 November 2020.
 
Project Manager EMC 2020, Ade Kiki Ruswandi mengatakan, berkaca dari hasilProgramme for International Student Assessment (PISA) yang dirilis akhir 2019 lalu, kemampuan anak-anak Indonesia di tiga bidang yakni literasi, Sains, dan Matematika masih di bawah rata-rata kemampuan negara-negara OECD (The Organisation for Economic Co-operation and Development).
 
Tahun lalu Indonesiaberada di peringkat enam terbawah dari 78 negara OECD peserta PISA."Bukan hanya sekadar menghitung, tapi cara mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari pun masih rendah," kata Kiki, dalam sambutannya di Peluncuran EMC 2020, Selasa, 18 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kondisi itu menjadi salah satu motivasi Eduversal untuk menggelar EMC. "Kami ingin membantu meningkatkan partisipasi anak Indonesia terhadap matematika. Kami ingin mengajak masyarakat untuk berpikir, bahwa kemampuan matematika itu bukanlah sebuah potensi yang dibawa sejak lahir, namun merupakan kemampuan yang sangat mungkin berkembang dan digali seiring dengan kemauan untuk mempelajarinya," ujar Kiki.
 
Kompetisi EMC tahun ini akan digelar secara fullonline. Tujuannya agar dapat membuka akses partisipasi yang lebih luas bagi siswa-siswa di seluruh Indonesia.
 
"Mulai dari pendaftaran, pembayaran, hingga kompetisi digelar secaraonline. Tahun lalu biasanya hingga babak penyisihan saja yang digelaronline, di tahap 50 terbaik biasanya akan mengikuti kompetisioffline.Tapi karena tahun in ada pandemi, maka hanya akan ada satu babak saja,semua digelar online," terangnya.
 
Baca juga:Jerome Polin, Berkat Matematika Tembus Universitas Waseda
 
Nantinya saat di akhir sesi pengerjaan soal, kata Kiki, siswa akan diberikan semacam rapor atau sistem pelaporan hasil kompetisi. 'Rapor' tersebut akan berisi tentang soal dan bab mana saja peserta belum bisa mengerjakan.
 
"Dengan begitu diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi peserta untuk melakukan perbaikan," ujar Kiki.
 
Kompetisi EMC ini akan berlangsung pada 14 November 2020 dan pemenangnya akan diumumkan pada 21 November 2020. Sedangkan pemberian penghargaan untuk para pemenang akan dilaksanakan pada Februari 2020.Tahun ini, pendaftaran EMC dapat diakses melalui situshttps://edumath.id/.
 
EMC merupakan ajang kompetisi matematikaonlinenasional yang diselenggarakan setiap tahun dan dirancang untuk menarik minat siswa terhadap mata pelajaran matematika.Pada 2019, Eduversal telah berhasil menyelenggarakan EMC perdana dengan jumlah pendaftar mencapai lebih dari 3.200 siswa dari seluruh Indonesia.
 
Adapun peserta yang menjadi juara berjumlah 28 siswa dari setiap kategori (kelas 5-11) dengan total hadiah yang dilombakan mencapai Rp129 juta. Tahun ini pendaftaran EMC dapat diakses di situs https://edumath.id/ mulai tanggal 18 Agustus-10 November 2020.
 
Selain itu, sistem babak penyisihan (offline) untuk tahun ini ditiadakan karena pandemi covid-19. Sebagai gantinya peserta akan berkompetisi langsung secaraonlinehanyadalam satu babak.
 
Adapun pembagian hadiah untuk setiap kelas sebagai berikut:
 
Juara 1: Rp5.000.000
Juara 2: Rp3.000.000
Juara 3: Rp2.000.000
Honorable Mention: Rp1.000.000
Total hadiah : Rp78.000.000
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif