Ruang kelas di SDN Gentong, Pasuruan, Jawa Timur yang roboh pada 5 November 2019. Foto: Antara
Ruang kelas di SDN Gentong, Pasuruan, Jawa Timur yang roboh pada 5 November 2019. Foto: Antara

Legislator Minta Konstruksi Bangunan Sekolah Baru Diaudit

Pendidikan sekolah ambruk
Intan Yunelia • 08 November 2019 15:24
Jakarta: AnggotaKomisi X DPR, Putra Nababan meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengaudit kualitas bangunan sekolah-sekolah yang baru dibangun di Indonesia. Hal itu menanggapi ambruknya bangunan Sekolah Dasar (SD) di Pasuruan yang statusnya belum lama dibangun.
 
"Saya rasa kejadian ini Kemendikbud sudah harus memikirkan apakah memang begitu banyak sekolah yang ada dan mungkin bisa dilakukan skala prioritas mana sekolah-sekolah yang baru dibangun selama beberapa waktu terakhir ini untuk diaudit ya," kata Putra Nababan saat dihubungi Medcom.id, Jumat, 8 November 2019.
 
Tak hanya itu, mantan jurnalis itu pun meminta Kemendikbud untuk mengusut unsur dugaan kelalaian sekolah yang menyebabkan atapnya ambruk tersebut. Sebab bangunan sekolah masih terbilang baru dan belum usang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bagaimana pun ini adalah konstruksi yang cukup baru, yaitu dua tahun dan sementara kita melihat sendiri bagaimana ambruknya ruang kelas seperti itu dan menyebabkan korban jiwa," ujar Putra.
 
Pemerintah, dalam hal ini harus teliti memilih pihak atau kontraktor yang akan membangun sekolah. Anggaran pembangunan tersebut harus dipastikan untuk dipakai seoptimal mungkin untuk sekolah.
 
"Saya rasa ini harus menjadi perhatian pihak kementerian maupun dinas kabupaten, kota, dan provinsi untuk betul-betul teliti dalam memilih pihak yang akan membangun. Itu harus betul-betul lebih teliti lagi dan detail lagi melihatnya," ujar Putra.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif